Cara Cuci Tangan Yang Benar

By | January 16, 2016

Cara Mencuci Tangan Yang Benar – Mencuci tangan adalah bagian dari aktifitas sehari-hari yang rutin kita laksanakan, baik ketika akan istirahat siang, tidur malam, utamanya pada saat akan makan. Karena sudah menjadi aktifitas yang dilaksanakan sehari-hari, kita terkadang mengabaikan dan tidak perduli, apakah cara mencuci tangan yang selama ini kita lakukan sudah benar atau belum? Padahal mencuci tangan yang baik, tidak hanya sekedar membersihkan tangan dari kotoran yang terlihat oleh mata, tapi melakukan cara cuci tangan steril agar tidak ada lagi kuman yang melekat di tangan.

Agar aktifitas mencuci tangan dilakukan dengan benar, ada beberapa langkah yang harus diperhatikan, yakni:

  • Gunakan air mengalir untuk membersihkan bagian tangan, mulai dari pertengahan lengan sampai dengan ujung kuku.
  • Letakkan sabun pada telapak tangan yang telah basah. Agar cuci tangan steril yang Anda lakukan memberi hasil yang efektif, pilihlah sabun yang benar, yakni sabun pencuci tangan Lifebuoy total10 yang mengandung timol aktif. Sabun ini terbukti efektif untuk membunuh kuman berbahaya sampai dengan 99 % dalam waktu 10 detik. Selain itu, Lifebuoy total10 juga memberikan perawatan terhadap kulit serta menyembuhkan penyakit infeksi, karena bahan alami timol yang dipakai untuk pembuatan sabun ini sejak jaman dahulu sudah dimanfaatkan oleh bangsa Yunani kuno untuk menyembuhkan infeksi.
  • Setelah sabun diletakkan di telapak tangan, gosokkan ke seluruh permukaan tangan hingga ke ujung jari. Gunakan telapak tangan kanan untuk menggosok punggung telapak kiri, begitu juga sebaliknya. Masukkan jari-jari kedua tangan satu sama lain dengan posisi berselang-seling atau saling mengunci, dan lakukan gerakan saling menggosok.
  • Gerakkan ibu jari tangan kanan dengan gerakan berputar pada punggung jari tangan kiri, begitu juga sebaliknya.
  • Gosokkan telapak tangan dengan gerakan ke depan, ke belakang, dan berputar pada punggung jari tangan yang satunya, dan lakukan bergantian.
  • Dengan menggunakan telapak tangan kanan, pegang pergelangan tangan kiri, kemudian buat gerakan memutar. Lakukan hal yang sama pada pergelangan tangan kanan.
  • Usahakan saat membersihkan tangan dengan sabun ini dilakukan tidak kurang dari 10 detik, sebelum membilas tangan dengan air untuk membersihkan busa sabun.
  • Aktifitas cuci tangan steril ini dapat diakhiri dengan mengeringkan tangan menggunakan tisyu, handuk sekali pakai, atau pengering udara. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *