3 Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Kulit Manusia

By | January 16, 2016

3 Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Kulit Manusia –┬áSebagian besar publik pasti telah mengetahui akan manfaat olahraga bagi kesehatan tubuh manusia. Meskipun telah pasti akan besar manfaat yang diperoleh apabila rutin melakukan aktivitas olahraga, akan tetapi masih ada orang yang enggan dan jarang melakukan hal tersebut. Sibuknya rutinitas akibat pekerjaan yang dilakukan menjadi alasan klise sebagian besar orang untuk tidak berolahraga, padahal olahraga rutin adalah salah satu penunjang kesehatan utama bagi seseorang untuk terlepas dari beragam jenis penyakit yang dapat menyerang. Dengan berolahraga tubuh seseorang akan jauh lebih fit dan bugar di mana hal ini tentunya menjadi faktor pendorong semangat dalam menjalani arus kehidupan yang bergulir.

Olahraga, aktivitas yang sarat muatan kesehatan ini banyak sekali jenisnya. Hal tersebut tentunya dapat kita sesuaikan dengan kemampuan dan minat masing-masing, yang terpenting di sini otot kita tidak kaku karena dengan berolahraga secara rutin otot-otot tersebut dapat mengalami pergerakan di mana hal ini sangat berpengaruh terhadap sirkulasi darah yang beredar pada tubuh. Metabolisme tubuh juga akan lancar dengan kebugaran jasmani tersebut sehingga kita dapat terhindar dari serangan selulit. Lari-lari sekitar komplek ataupun sekedar senam di rumah itu sudah termasuk olahraga ringan dan murah yang dapat menjadi pilihan dimana hasilnya tetap dapat membuat kita memiliki pribadi dan jasmani yang sehat dan kuat.

Manfaat olahraga bagi kesehatan kulit juga memegang peranan yang terbilang penting. Dengan berolahraga rutin membantu mengeluarkan radikal bebas yang terdapat pada tubuh melalui keringat yang keluar. Setelah itu tubuh atau kulit akan terpacu untuk memproduksi kolagen, dimana zat tersebut dapat membantu dan menjaga kulit tetap sehat serta kencang. Kemudian apa lagi manfaat atau fungsi dari aktivitas olahraga yang dilakukan dan berhubungan dengan kesehatan kulit?

Berikut pemaparan apa saja yang bisa diberikan dari manfaat olahraga, penjelasannya ada dibawah ini.

1. Olahraga mampu mengurangi jerawat

Pemicu jerawat adalah akibat produksi minyak berlebih pada wajah yang salah satu sebabnya dikarenakan karena stress. Dengan rutin berolahraga, ketika dilanda stress dapat lebih terkoordinasi karena teralihkan dengan kegiatan olahraga yang dilakukan. Dengan begitu diri akan lebih tenang dan rileks karena berolahraga dapat memproduksi endorphin yaitu suatu senyawa kimia pada otak yang berperan bagi relaksasi jiwa.

2. Olahraga dapat mengencangkan kulit

Aktivitas olahraga rutin dapat membangun otot-otot yang kendur pada tubuh. Otot yang terbangun pada tubuh tersebut secara otomatis dapat membuat kulit menjadi lebih kencang serta awet muda.

3. Olahraga membantu pembentukkan kolagen
Produksi kolagen seiring bertambahnya usia memang semakin menurun. Padahal kolagen tersebut sangat berpengaruh terhadap elastisitas kulit manusia. Dengan rajin dan rutin berolahraga maka diharapkan produksi kolagen yang bermnfaat untuk menjaga keelastisan kulit tersebut dapat lebih dipacu dan ditingkatkan.

Leave a Reply