Melatih Kecerdasan Majemuk Anak Itu Mudah

By | January 15, 2016

Melatih Kecerdasan Majemuk Anak Itu Mudah – Siapa yang mengatakan bahwa mendidik kecerdasan majemuk bayi dan anak susah dilakukan? Padahal untuk mendidik kecerdasan bayi dan balita sangat mudah dilakukan. Caranya, bunda harus tahu semua kegiatan yang bisa menunjang perkembangan kecerdasan anak dan memperhatikan gerak-gerik bayi agar bisa dijadikan petunjuk mengenai kecerdasan apa saja yang ia miliki.

Selain itu, untuk mengukur seberapa tingginya level kecerdasan anak, hal yang dilakukan oleh bunda tidak hanya berdasarkan dari kemampuan berhitung maupun logikanya saja dan stimulasi yang diajarkan tidak hanya sekedar mengajarkan huruf maupun angka saja, melainkan juga mengajarkan berdasarkan kecerdasan majemuk yang ada pada diri bayi. Sehingga stimulasi yang diajarkan haruslah beragam. Ada beberapa macam metode stimulasi pembelajaran yang dapat diajarkan oleh Bunda.

Macam-Macam Stimulasi Untuk Kecerdasan Majemuk

  • Suara
    Cara melakukan pembelajaran lewat suara bisa dibedakan dua jenis yakni suara verbal dan juga non verbal, seperti adanya suara musik. Stimulasi seperti ini akan membantu ingatan bayi sehingga mampu mencerdaskan bayi dalam hal linguistik dan musikal.
  • Visual
    Stimulasi visual juga dapat membantu anak dan bayi memahami konsep benda, seperti mengindentifikasi ruang atau objek tertentu. Cara pengajaran seperti ini jelas bisa mengasah otak anak dalam hal matematika, logika dan spasial.
  • Interaksi
    Stimulasi ini mengajarkan interaksi sosial dengan anak yang lain, baik anak yang lebih tua, lebih muda ataupun sebaya. Stimulasi ini juga membantu kecerdasan anak di bidang intrapersonal, interpersonal dan linguistik.
  • Gerakan
    Selain bunda mengajarkan pembelajaran lewat barang-barang statis, metode stimulasi lewat gerakan juga sangat membantu kecerdasan anak di bidang spasial dan kinestetik pada saat anak melihat gerakan-gerakan yang bunda lakukan.

Selain metode pengajaran diatas, ada stimulasi lain yang dapat di lakukan oleh Bunda untuk melatih kecerdasan majemuk anak. Salah satunya dengan menjalani stimulasi Baby Spa Zwitsal. Untuk melengkapai stimulasi Baby Spa Zwitsal, Bunda bisa memutarkan musik dengan suara lembut sebagai penunjang stimulasi suara dan mengajak si bayi berbicara dalam bentuk interaksi antara si bayi dengan Bunda. Saat Bunda melakukan Baby Spa dengan Zwitsal, hal ini bisa dikatakan sebagai bentuk metode stimulasi penunjang gerakan.

Leave a Reply