Menjaga Kebersihan dengan Cuci Tangan

By | December 23, 2015

Menjaga Kebersihan dengan Cuci Tangan – Kuman penyebab berbagai penyakit tersebar dimana – mana. Banyak sekali penyakit yang proses penyebaran nya melalui udara. Kuman penyebab penyakit bisa saja menempel pada benda – benda yang berada di sekitar anda. Ketika anda memegang benda tersebut, maka kuman dengan cepat berpindah ke tangan anda.

Untuk itu anda harus senantiasa menjaga kebersihan tangan. Menjaga kebersihan tangan dapat mencegah anda dari berbagai macam penyakit. Menjaga kebersihan tangan dapat anda lakukan dengan mencuci tangan menggunakan sabun. Mencuci tangan harus selalu anda lakukan pada saat sebelum dan setelah makan,sebelum dan sesudah menyiapkan makanan, melakukan aktivitas dari kamar mandi baik (buang air kecil atau buang air besar), setelah bersin atau batuk, setelah menyentuh binantang, atau setelah memegang benda – benda di sekitar anda.

Selain itu anda juga harus memperhatikan cara cuci tangan yang benar. Kadang banyak orang menganggap kalau mencuci tangan hanya mencuci telapak tangan saja. Banyak juga orang yang mencuci tangan tanpa memakai sabun, karena beranggapan kalau mencuci tangan sudah cukup dengan menggunakan air.Tentunya anggapan tersebut salah karena sebenarnya kita harus mencuci seluruh bagian tangan dan harus menggunakan sabun untuk membunuh kuman.

Cara cuci tangan yang benar adalah dengan menggunakan air bersih yang mengalir dan menggunakan sabun. Air bersih yang dapat digunakan untuk mencuci tangan berarti air jernih yang tidak berbau. Penggunaan sabun cuci tangan untuk membantu kuman penyakit. Selain itu mencuci tangan juga harus memperhatikan langkah – langkah yang benar.

Pertama, Basahi kedua telapak tangan memakai air yang mengalir, ambil sabun kemudian gosok kedua telapak tangan dengan lembut.

Kedua, gosok punggung tangan anda secara bergantian juga dengan sela – sela jari anda.

Ketiga, gosok juga jari – jari anda beserta sela – sela jari dengan meyilangkan jari – jari kedua tangan anda.

Keempat, gosok punggung   jari dengan cara mengatupkan, lakukan secara bergantian.

Kelima, gosok dan putar ibu jari secara bergantian.

Keenam, gosokkan ujung jari ke telapak tangan lakukan secara bergantian.

Ketujuh, bersihkan pergelangan tangan anda secara bergantian dengan cara memutar. Setelah semua langkah selesai, bilas tangan anda menggunakan air mengalir hingga bersih. Keringkan tangan memakai handuk sekali pakai, tissue atau pengering udara. Selain itu anda juga bisa mengeringkan tangan tengan cara mengibas – ngibaskan tangan.

Selain mencuci tangan secara teratur, untuk menjaga kebersihan tangan anda juga harus selalu menjaga kebersihan kuku tangan. Kuku yang panjang dan kotor dapat menjadi tempat berkembangnya kuman penyebab penyakit. Memotong kuku secara teratur dapat mencegah bersarangnya kuman penyakit pada kuku anda.

Leave a Reply