Peran Dan Fungsi Keluarga Terhadap Kehidupan Bermasyarakat

By | December 19, 2015

Peran dan fungsi Keluarga Terhadap Kehidupan Bermasyarakat – Peran keluarga dalam kehidupan bermasyarakat sangatlah penting, keluarga adalah kelompok kecil dari masyarakat, yang terdiri dari atas kepala keluarga dan beberapa orang yang berada dalam sebuah keluarga tersebut. Berbagai peran dan fungsi keluarga yang terdapat dalam keluarga seperti suami, istri dan anak – anak, peran dan fungsi dari suami adalah sebagai pencari nafkah, kepala keluarga, imam yang baik bagi anak dan istrinya, pelindung dan pemberi rasa aman, serta masih banyak fungsi yang lainnya, sedangkan istri mempunyai peranan untuk mengurusi semua rumah tangganya, sebagai pengasuh dan pendidik bagi anak – anaknya, disamping itu ibu atau istri juga bisa berperan sebagai pencari nafkah tambahan untuk mencukupi kebutuhan rumah tangganya. Sedangkan anak – anaknya berperan sebagai pengikat antara suami dan istri.

Fungsi keluarga di atas menggambarkan kehidupan yang nyata terhadap sebuah keluarga yang akan mencapai sebuah keharmonisan dalam membentuk keluarga idaman. Ada banyak fungsi dari sebuah keluarga, namun yang paling penting untuk menciptakan keluarga yang harus diperhatikan seperti pendidikan, sosial, agama dan lain sebagainya. Terlepas dari itu hubungan antara anggota keluarga harus benar – benar terjaga. Ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh seorang suami atau kepala keluarga guna menciptakan keluarga yang harmonis dalam kehidupan bermasyarakat, yang diantaranya sebagai berikut:

Petama, Saling menghormati dan menghargai

Dalam sebuah keluarga pastilah memiliki keinginan atau kemauan yang berbeda beda, oleh karena itu maka hargailah antara anggota keluarga satu sama lain. Aturan yang terdapat dalam sebuah keluarga haruslah dijalankan, agar tidak terjadinya perselisihan yang berujung dengan perpisahan. Ingat dalam sebuah keluarga ada sebuah kepala keluarga, yaitu ayah. Ayah merupakan orang yang harus dihormati.

Kedua, Jadikan musyawarah sebagai solusi masalah

Masalah sering kita jumpai dalam kehidupan sehari hari, oleh karena itu menyelesaikan masalah haruslah dengan kepala dingin. Masalah tidak bisa selesai dengan pertengkaran. Oleh karena itu gunakan cara yang terbaik dalam menyelesaikan masalah. Salah satunya dengan musyawarah. Musyawarah adalah salah satu cara terbaik dalam menyelesaikan masalah apalagi dalam kehidupan rumah tangga.

Ketiga, Tingkatkan kebersamaan bersama anggota keluarga

Usahakan menciptakan kebersamaan dengan keluarga di sela – sela kesibukan dalam bekerja, karena kebersamaan sangatlah penting untuk menciptakan keluarga yang harmonis. Akan terasa lebih nikmat apabila kebersamaan ini dilengkapi dengan meminum secangkir teh Sariwangi hangat. Teh Sariwangi ini membantu dalam merileksasikan pikiran.

Leave a Reply