Memperbaiki Kabel Charger Mac Sendiri

Memperbaiki Kabel Charger Mac Sendiri– Kebiasaan menunda-nunda pekerjaan ternyata memang belum berhenti. Padahal pas benar-benar merasa tersiksa dengan DL yang udah masuk hitungan menit, saya udah janji…

Duh, gustiiii… ampun, nanti mah gak bakal gini lagi. Tolong atuh, ya Allah… internetnya lancarin lagi”. Dan… tring… koneksi pun lancar kembali. Alhamdulillah.

Tapppiii… besoknya ya gitu lagi. Kalau lagi santai, itu kerjaan yang seabrek gak dikerjakan sama sekali. Seabrek? Iya… satu tulisan per dua hari udah masuk kategori seabrek. Itu pun gak tiap dua hari harus disetor. Ada yang seminggu sekali, ada yang sebulan sekali. Nah, di akhir minggu dan akhir bulan itu biasanya saya kelabakan. Apalagi kalau pas akhir bulan yang bareng sama akhir minggu. Udah deh. Sehari itu saya sampe gak inget mandi. Hahaha…

Kemarin kejadian lagi tuh. Yang akhir bulan sih beres. Malah saya setor sebelum waktu DL. Tumben banget lah. Beberapa memang udah ada di draft, jadi tinggal tambah sedikit terus publish. Masalah muncul pas tiba DL yang mingguan. Ada saja gangguannya tiap kali mau eksekusi. Tapi aduh, koq ya malas. Nanti saja deh, pas harinya DL. Begitu pikir saya.

Tapi tiba-tiba, pas banget harinya DL chargeran laptopnya mati. Bukan adaptornya sih, tapi ujung kabelnya. Padahal beberapa waktu yang lalu saya pernah menulis tentang tips menggulung kabel Apple. Tapi dasar emang udah rusak dan saya tambal, rupanya sekarang makin rusak. Belakangan Ade mulai pintar main cabut pasang kabel laptop sendiri. Yup, kalau siang laptop kan dikudeta anak-anak. Sepertinya pas dicabut dari laptop, konektornya masih nempel sementara ujung kabelnya sudah tertarik. Alhasil, ujung kabel charger pun rusak. Sudah saya bongkar tapi banyak bagian yang nampak hangus terbakar. Duh. Kalau disambung lagi takutnya korslet.

Jadi, ya sudah. Laptop pun saya biarkan mati sampai datang charger punya suami keesokan harinya. Gak lupa sambil berdoa juga… “Gusti, semoga suami cepat sampai di rumah“, pinta saya.

Masalahnya, bahan tulisan + foto untuk pekerjaan mingguan ada di laptop itu! Akhirnya saya sama sekali gak bisa mengejar DL mingguan. Wassalam deh.

Karena kabel charger ini rusak yang kedua kalinya, suami agak kapok membelikan saya charger yang baru. Mau tidak mau saya harus bisa kreatif memperbaiki charger yang gosong ini. Takut sih. Takut salah sambung kabelnya. Tapi alhamdulillah, akhirnya berhasil juga menyambung kembali kabel charger Mac yang sudah gosong ini.

12291167_765108513618632_3750289906849980678_o

Teman-teman mau coba sendiri? Coba ikuti cara ini ya…

  1. Kelupas kulit kabel charger Mac dengan perlahan.
  2. Perlu diingat, kabel charger Mac tidak sama dengan kabel charger kebanyakan. Kabel charger Mac berbentuk serabut dan terdiri dari dua lapisan, lapisan dalam dan lapisan luar. Makanya perlu kehati-hatian saat membuka kulit kabel charger Mac.
  3. Kalau ada yang gosong, potong bagian yang gosong dan gunakan bagian kabel yang masih bersih.
  4. Sambungkan kabel serabut bagian dalam, segera beri selotip listrik (karena darurat dan selotip listrik tidak ada, saya pakai selotip putih).
  5. Pastikan tidak ada kabel serabut dalam yang belum terbungkus. Karena kalau ada kabel serabut dalam yang belum terbungkus dan terhubung dengan kabel serabut luar, bisa terjadi korsleting. Kalau sudah begini, bukan cuma chargernya yang mati, tapi laptopnya juga beresiko mati total.
  6. Sambungkan kabel serabut bagian luar yang masih utuh dan bersih. Tutup dengan selotip listrik.
  7. Berdo’alah agar kabel sambungan kali ini cukup kuat untuk sementaun… maksudnya sementara sampai bertahun-tahun hahaha
  8. Kalau takut dan gak berani ambil resiko sih, lebih baik beli aja charger yang baru 😀

Alhamdulillah, sementara laptop saya bisa menyala lagi dengan kabel charger sambungan… lumayan, hematnya banyak banget hehehe…

12184223_765108510285299_7475301645333326280_o

3 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published.