Kuota cepat habis? Coba jurus yang ini!

By | November 14, 2015

Kuota cepat habis? Coba jurus yang ini! – “Tulis nomer yang mau diisi pulsa ya”, kata Teteh-teteh penjaga meja registrasi acara launching produk kemarin.

“Harus XL, Teh? Saya punyanya AXIS?”, tanya saya.

“Dicoba aja”, jawab si Teteh.

Tapi ah.. daripada nanti pulsanya gak masuk, mending saya ambil saja nomer perdana XL yang disediakan di meja registrasi.

Pulsa yang dijanjikan baru masuk ke nomer perdana XL 2 hari kemudian. Alhamdulillah. Kalau sudah masuk ke XL, gampang transfer pulsa ke nomer AXIS. Daripada pusing ganti-ganti nomer, ya sudah.. pulsa yang masuk ke kartu XL ini saya transfer ke nomer AXIS.

Bisa nih buat isi paket internet. Kebetulan, kalau siang kan modem speedy sering overheat. Baru lancar kalau tengah  malam. Jadi agak repot kalau ingin online serius siang-siang. Ngerjain pr juga biasanya ngedraft dulu di Word dan baru dipindah ke blog tengah malam. Itu juga kalau gak ngantuk sih. Kalau ngantuk ya wassalam.

Isi paket buat seminggu. Bisa lah ngerjain pr meskipun speedy sedang mati. Sisa pulsa setelah dipotong paket internet bisa saya pakai untuk SMS-an atau teleponan.

Paket sudah diisi. Tenang. Saya pun kembali ke kesibukan yang lain alias… tidur siang hahaha

Bangun tidur keingetan pr dan kebetulan memang ada yang pengen ditulis. Momen yang jarang banget saya temukan.

Speedy seperti biasa, mati. Tapi tenang ah, kan hape udah diisi paket internet. Ngeblognya dari hape saja.

Buka dashboard blog… lho, koq malah minta reload? Katanya gak ada akses internet. Wifi kan speedynya memang mati. Icon data, nyala tuh. Tapi memang gak ada tanda H atau E.

Buka SMS yang belum terbaca. Aduh. Ternyata kuotanya memang sudah habis! Huaaa…

Rupanya selama saya tidur siang tadi, Ade anteng aja pakai hape buat youtube-an. Hiks. Kuota 1 minggu habis dalam waktu 2 jam saja diambil tuyul kuota.

Dulu saya pernah pakai OperaMax untuk menghemat kuota. Hanya saja karena hapenya baru diflash, saya lupa pasang OperaMax lagi di hape.

Jadi pakai OperaMax ini, data yang diakses bisa dikompres sekecil mungkin. Youtube-an, Instagram-an, Facebook-an, Vine-an atau aplikasi lain dengan gambar/video yang berukuran besar dan tentu saja memerlukan banyak kuota, bisa lebih dihemat dengan OperaMax.

CTdSVpgUwAA9Y6t

Nah, kelihatan kan berapa banyak data yang bisa dihemat (hanya) dari Youtube-an?

Tapi kan saya pakai yang unlimited/wifi gratis di cafe (misalnya… :p). Gak perlu donk hemat quota?

Kebayang gak, berapa orang yang rebutan kuota di wifi rame-rame seperti di cafe? Jangankan di cafe, di rumah saja pakai speedy yang disebar dengan wifi dan dibagi 3-5 device, sudah terasa lemotnya.

Nah, pakai OperaMax kita bisa lebih cepat mengakses data karena data sudah dikompres terlebih dahulu.

Sebagai penggemar setia Adam Levine dan Jordan Smith, saya Youtube-an video Jordan Smith di The Voice 9. Sayangnya, di laptop sering buffering. Ceuceu yang ketularan ngefans Adam + Jordan, juga Youtube-an di hape. Malah Ceuceu download semua video Jordan. Sementara di laptop masih buffering, Ceuceu sudah selesai download 4 video Jordan Smith di hape.

CTdMKgBVAAAPGYm

Lumayan lah. Lain kali masih bisa denger Jordan Smith meski kuota sudah habis hihi…

Btw, pernah gak… merasa seharian gak pakai internet, tapi kuota tetap habis? Jangan-jangan hape kita memang ada tuyulnya ya?

Meski seharian gak buka aplikasi yang memerlukan akses data, tapi ada aplikasi yang berjalan di belakang layar dan memerlukan akses data.

Misalnya ini nih…

Screenshot_2015-11-10-17-39-26

Dengan OperaMax, aplikasi yang berjalan di belakang layar ini bisa diblok. Bisa juga dipilih mana yang boleh berjalan dengan menggunakan mobile data atau mana yang boleh berjalan dengan koneksi wifi.

Tuh, kan. Lumayan banget nih  buat menghemat pemakaian data.

Jadi, kalau kuota tiba-tiba habis, jangan salahkan tuyul yaaaaaa….

8 thoughts on “Kuota cepat habis? Coba jurus yang ini!

  1. eka fikryeekaeka fikry

    ooo..gitu, oke..tapi ini gak haris XL kan mak? karena aku gak pernah pake XL…hehe
    btw…hurf tulisan mu kenapa mengecil,aku kesusahan ngebacanya euy…:)))

  2. Linda

    Untung sekarang saya udah pakai internet unlimited mba jadi ga mikirin kuota lagi, ditempat saya ada 2 ISP tv kabel + internet & harganya lumayan terjangkau jadi saya pindah deh ga pakai isp mobile dari opsel lagi buat akses internet

    1. oRiN Post author

      saya kalau di rumah pake speedy, baru migrasi ke indihome… gak mikir kuota sebenernya. yang jadi masalah mah pas lagi di luar hihi

Leave a Reply