Laptop cepat panas & mati mendadak? Bisa jadi ini sebabnya…

Laptop cepat panas & mati mendadak? Bisa jadi ini sebabnya… – Pernah merasa kekurangan waktu? Seolah 24/7 yang kita jalani setiap hari itu tidak cukup. Saya sering.

Padahal kalau saja saya benar-benar fokus menjalani semua yang harus saya kerjakan, dijamin waktu yang 24/7 itu banyak sisanya.

Sekarang gimana mau fokus coba, lagi nyetrika aja sambil nonton. Yang lebih parah sih sambil sesekali tengok hape. Nyetrika baru bagian kerah, tengok hape… komen sana sini habis 5 menit. Setrika maju ke bagian tangan, penasaran dengan status yang tadi dikomentari, tengok hape lagi sampai 10 menit. Alhasil… 1 jam cuma bisa selesai 3 potong baju hahaha

Itu baru urusan setrika, belum yang lain. Ditambah lagi, saya sering menganggap kalau pekerjaan seberat apapun pasti bisa saya selesaikan, apalagi yang ringan. Semuanya juga gampil. TAPI… nanti saja deh kalau sudah ada waktu luang. Nah, bilang “kalau ada waktu luang”nya ini sambil tiduran!

Terus pas waktunya selesai gak selesai, pr dikumpulkan, nangis-nangis karena laptop dan modem tiba-tiba ikutan demo. Iya, laptop sama modem di rumah memang pengertian sekali. Tahu saja kalau saya sedang dikejar deadline. Pas lagi asyik nongkrong di depan laptop, di mana ide-ide mulai bermunculan, dua makhluk ini sering tiba-tiba pingsan. Laptop mati mendadak. Begitu juga dengan modem.

Kalau sudah begini, hanya bisa uring-uringan dan menyesal… kenapa gak dikerjain kemarin-kemarin aja sih????

Lama kelamaan laptop makin sering bertingkah. Gak sampai 15 menit saya pakai eh… sudah mati 🙁

Sampai suami akhirnya beli cooling pad buat laptop. Sudah lama sih saya minta dibeliin cooling pad. Tapi belum diturut aja. Lama-lama sepertinya pusing juga dengar saya uring-uringan ahaha.

Tapi ternyata meski sudah dipasang cooling pad, laptop masih sering mati. Suami bilang sih itu kipasnya udah kotor. Penasaran, akhirnya saya bongkar laptopnya.

Ternyata, benar saja. Di dalam kipas, debunya itu subhanalloh… duh.

IMG_20151025_093357

Gak heran kalau laptop sering pingsan. Ibarat orang yang jarang mandi, ini laptop kegerahan kemudian pingsan karena bau ketek sendiri ahahaha

Sekalian bongkar-bongkar, saya bersihkan juga keyboardnya. Yup, keyboard juga pasti kotor. Selain karena debu, kebiasaan saya ngemil sambil ngetik juga pastinya menyisakan remah-remah yang terselip ke sela-sela keyboard hihihi

Ternyata benar saja. Ada debu, rambut, potongan keripik, sampai… bulu kucing. Entah milik Nami atau Sanji

IMG_20151025_102135
Dua kucing ini memang sering tidur di atas laptop. Apalagi menjelang subuh. Sementara sebelum tidur saya seringkali lupa menutup laptop.

Ok, laptop sekarang sudah bersih. Mudah-mudahan sih gak mati mendadak lagi.

Cooling pad masih tetap terpasang, jaga-jaga agar laptop tidak cepat panas.

IMG_20151030_145111

Apalagi kerjanya cukup berat. Hampir 24 jam saya pakai bergantian dengan anak-anak.

Sejauh ini memang cukup berhasil. Laptop sudah mulai jarang mati mendadak. Tinggal modem nih. Sepertinya di modemnya harus dipasang kipas agar tidak cepat panas. Kalau mengurangi waktu hidup modem… errr… keeksisan saya nanti jadi berkurang donk? Hihihi..

3 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published.