Memaksimalkan Fungsi Tab “Search” di Facebook

By | October 7, 2015

Memaksimalkan Fungsi Tab “Search” di Facebook – Sering kan pas lagi jalan-jalan di timeline, tiba-tiba menemukan status viral atau status yang sedang membahas status viral? Masih mending kalau dapet pilihan yang pertama, menemukan status yang viral dan bisa kita baca langsung dari sumbernya. Tapi kalau udah ada di pilihan yang kedua, status yang membahas status viral… nah ini yang repot. Karena kadang jadinya #nomention gitu. Bingung donk pasti.

Sebagai orang yang kepo, saya mah jujur… seringkali mengandalkan fasilitas pencarian untuk mencari tahu apa dan siapa sih sebenarnya yang sedang jadi bahan pembicaraan. Baik itu mencari lewat google, lewat facebook, atau lewat twitter.

Yup. Facebook dan Twitter juga bisa kita maksimalkan untuk mendukung kekepoan kita ahaha…

Misalnya ini nih…

Kemarin-kemarin timeline saya sempat ramai dengan urusan lipstick 50 ribu vs lipstick 500 ribu. Jujur aja, seumur-umur saya gak pernah punya lipstick hasil beli sendiri. Terus punya lipstick darimana? Pertama, dari kotak seserahan jaman nikah hampir 12 tahun yang lalu. Itu pun lipsticknya jarang saya pakai dan akhirnya saya buang karena kadaluarsa.

Kedua, pemberian dari Nene yang merasa kasihan melihat saya yang sudah menikah 10 tahun dan punya 3 anak tapi gak pernah pake lipstick hihi. Sayangnya, lipstick pemberian Nene pun bernasib mengenaskan. Dibuat patah karena dipakai corat coret oleh Ade yang ketika itu baru berumur 1 tahun.

Tapi pernah pakai lipstick? Ya pernah. Sewaktu saya tunangan, nikah, dan jadi pager ayu. Udah itu aja… ahaha. Sekarang udah gak pernah jadi pager ayu lagi, jadi ya sudah… ngapain punya lipstick? XD

Makanya saya gak pernah tahu harga lipstick. Lagipula, suami saya nanti bisa pingsan mendadak kalau melihat saya tiba-tiba rajin dandan hahaha

Meski gak pernah beli & pake lipstick, tapi saya tetap kepo dengan urusan perlipstickan ini. Apa sih yang jadi masalah?

Akhirnya saya pun mencari tahu, kenapa lipstick 50 ribu vs 500 ribu bisa jadi trending topic?

Oke, saya mulai pencarian dengan menulis kata kunci “lipstick 50 ribu” di tab Search. Sayang, hasilnya kurang greget.

SS 2015-10-07 at 11.19.02 PM

Coba cari lagi dengan kata kunci lain, “lipstik 50 ribu”…

SS 2015-10-07 at 11.10.53 PM

Nah, hasilnya lumayan lah. Saya telusuri satu per satu, akhirnya ketemu nih akar masalahnya. Bersyukur karena saya tidak pernah beli lipstick. Jadi saya bisa bersikap netral di tengah perseteruan lipstick 50 ribu vs lipstick 500 ribu #apasih

Begitu juga kalau yang menjadi pembicaraan adalah status yang dibuat seseorang. Tinggal kita gunakan saja fasilitas tab search di Facebook. Syukur-syukur kalau memang status yang dibicarakan di-Set as Public hihi

Cuma buat kepo nih? Ya gak lah. Masih banyak kegunaan tab Search di Facebook. Misalnya saja di grup yang saya ikuti seringkali ada yang menanyakan lowongan kerja. Tak berapa lama, ada yang memberikan informasi lowongan kerja. Eh… belum 10 menit postingan info lowongan kerja tadi sudah tenggelam dan ada lagi yang menanyakan lowongan kerja. Duh, suka gemes kalau sudah begini.

Padahal tinggal ketik saja “lowongan kerja” di tab Search in this group yang ada di bagian kanan di bawah foto group.

SS 2015-10-07 at 11.32.23 PM

Di Twitter juga kurang lebih sama. Misalnya saya ingin tahu quote dari Pidi Baiq tentang Bandung yang sayangnya hanya saya ingat sebagian. Yang jelas ada kata Bandung dan geografis. Kemudian saya ketik “@pidibaiq bandung geografis” di tab Search di twitter.

SS 2015-10-07 at 11.26.35 PM

Ah ya, “Dan Bandung bagiku bukan cuma masalah Geografis, lebih jauh dari itu melibatkan perasaan yang bersamaku ketika sunyi”… begitu kata PidiBaiq tentang Bandung.

Nah, sekarang sudah tahu kan cara kepoin status orang? Jadi mau cari siapa nih? Eh… apppaaa… Hihihi

8 thoughts on “Memaksimalkan Fungsi Tab “Search” di Facebook

Leave a Reply