Tips Nyaman Libur Lebaran

By | July 8, 2015

Puasa hanya tinggal hitungan hari, lebaran pun sebentar lagi tiba. Segala sesuatu yang berhubungan dengan lebaran memang menjadi hal yang selalu dinantikan. Mulai dari puasanya, hidangannya, takbirannya, sampai liburannya. Siapa yang tidak senang mendapat libur panjang cuti bersama selama 5 hari. Berkumpul bersama keluarga tercinta. Berkeliling silaturahim dari satu keluarga ke keluarga lainnya.

D saat libur seperti ini, obyek wisata favorit setiap kota bisa dipastikan mengalami kepadatan luar biasa. Saya sendiri demi menghemat anggaran tidak berencana menghabiskan liburan dengan mengunjungi tempat wisata. Maklum, liburan lebaran kali ini juga berbarengan dengan liburan tahun ajaran. Terjadi persaingan ketat antara Baju Lebaran VS Baju Seragam 😀

Bosan donk kalau tidak kemana-mana? Kebetulan, keluarga besar yang tadinya sudah berencana akan berkunjung ke sebuah tempat wisata juga berpikiran yang sama. Alhasil, kami pun membuat plan B, yaitu dengan memilih salah satu rumah keluarga sebagai tempat liburan bersama. Selain itu kondisi kesehatan Abah, Nene dan keponakan yang mengalami tabrakan beruntun di Cianjur beberapa waktu yang lalu masih belum membaik. Jadi kondisinya memang tidak memungkinkan untuk kemana-mana.

Anak-anak sudah merencanakan permainan apa saja yang akan dilakukan bersama sepupu mereka. Mau kemping-kempingan di halaman belakang katanya. Lagipula, jarang-jarang juga kami berkumpul bersama seperti ini.

Ini mengingatkan saya ke masa kecil dulu, ketika lebaran mudik ke rumah kakek. Setelah capek menempuh perjalanan yang macet selama berjam-jam, sesampainya di rumah kakek di sebuah desa di Garut,  kami memang tidak kemana-mana. Cukup berjalan-jalan ke kebun, menikmati indahnya pemandangan yang kebetulan berada di kaki Gunung Papandayan. Atau memancing di kolam, menikmati semilir angin pengunungan sambil menguji kesabaran.

Tapi kalau memang masih penasaran ingin berkunjung ke tempat wisata bersama keluarga ketika libur lebaran nanti, ada tips-tipsnya nih agar tetap merasa nyaman selama di perjalanan.

Kenyamanan selama di perjalanan memang penting sekali, apalagi kalau kita membawa anak-anak. Jangan sampai deh anak-anak merasa tidak nyaman atau kelaparan di jalan karena kurang persiapan.

Nah, berikut tips-tips agar liburan lebaran terasa nyaman.

  • Rencanakan lama liburan dan lokasi wisata. Hanya sehari atau perlu menginap? Kalau hanya sehari, pilih tempat wisata yang tidak terlalu jauh dari rumah. Jangan nekat ingin mengunjungi banyak tempat wisata dalam satu hari. Karena bisa dipastikan jalanan macet. Maklumi saja kalau macet, namanya juga lebaran. Kalau menginap, pastikan kita mendapat tempat penginapan yang nyaman. Kalau perlu booking hotel dari sekarang.
  • Persiapkan kendaraan. Kalau menggunakan kendaraan pribadi jangan lupa untuk memeriksa tekanan ban, oli, rem, dan bahan bakar. Isi bahan bakar sampai penuh. Bukan tidak mungkin selama di perjalanan kita kesulitan menemukan SPBU. Saat libur lebaran biasanya kendaraan umum susah ditemui. Kendaraan sewaan pun seringkali penuh. Untuk mengantisipasinya, siap-siap untuk sewa kendaraan beberapa hari sebelum lebaran.
  • Tinggalkan rumah dalam keadaan aman. pastikan kompor dalam keadaan mati, periksa listrik, jangan lupa kunci pintu, jendela dan pagar dengan rapat. Kalau ada tetangga yang tidak kemana-mana, titipkan juga ke tetangga.
  • Bawa perbekalan yang cukup. Baju ganti, topi, jaket, payung/jas hujan juga makanan. Kalau sekedar camilan atau minuman, lebih baik persiapkan dari rumah. Selain biasanya di tempat wisata harga jual makanan dan minuman di tempat wisata jauh lebih mahal, juga untuk memastikan agar kita tidak akan kelaparan selama di perjalanan.
  • Siapkan uang tunai yang cukup. Meskipun pemerintah sedang menggalakkan gerakan non tunai, tapi belum semua tempat wisata memiliki fasilitas yang mendukung gerakan non tunai ini. Tak jarang selama di perjalanan menuju tempat wisata juga kita malah kesulitan menemukan ATM. Lonjakan pengambilan uang tunai selama libur lebaran juga bisa membuat uang di mesin ATM habis. Jadi sebelum keluar dari rumah, pastikan uang tunai yang kita bawa cukup untuk digunakan selama di tempat wisata tanpa perlu repot mencari ATM.
  • Pulsa dan baterai handphone yang mencukupi, bawa powerbank kalau punya. Maklum, di tempat wisata tak jarang ada anggota keluarga yang terpisah satu sama lain. Jadi ketika kita terpisah dari anggota keluarga, hubungi mereka melalui handphone. Kalau tidak bisa dihubungi melalui handphone, segera hubungi petugas layanan informasi di tempat wisata.
  • Pastikan anak-anak selalu dalam pengawasan saat berada di tempat wisata. Jangan lupa untuk bekali anak pengetahuan, semisal nama, alamat juga nomer telepon kita, juga ingat-ingat baju yang anak pakai.

Sudah? Belum! Dokumentasikan setiap kegiatan kita selama liburan lebaran. Jadi, pastikan juga baterai dan memory kamera cukup untuk digunakan seharian. Jangan lupa bawa juga baterai dan memory cadangan. Karena setiap perjalanan pasti menyisakan kenangan.

Selamat libur lebaran ^_^

 

Leave a Reply