Punya halaman buku yang terlepas? Tembak aja!

By | April 20, 2015

“Mamaaah… bukunya sobek sama Adeeee!”, teriak Teteh ketika melihat buku yang baru saja dibeli sobek dan berceceran.

Duh, mentang-mentang buku diskonan… baru juga dibuka satu dua lembar, eh isinya sudah berantakan. Jadi buku itu sobek bukan gara-gara Ade, melainkan karena kualitas lemnya saja yang jelek. Cuma kebetulan saja Ade yang jadi tersangka… heuehu.. kasihan.

Padahal isi buku ini lumayan bagus, dari penerbit besar pula… makanya saya beli. Apalagi kemarin di toko buku memang sedang ada diskon besar-besaran. Kalau gak ada diskon sih, mana mau saya beli buku… 😛

Sudah jadi emak-emak begini setiap pengeluaran rasanya memang diperhitungkan baik-baik. Ya bagaimana tidak diperhitungkan, satu anak minta 3 buku saja, anak yang dua jadi ikut-ikutan. Terus kapan emaknya bisa ke salon? Ish… padahal udah ngirit juga gak pernah ke salon tuh 😛

Kebetulan di grup WA yang saya ikuti membahas diskonan dari toko buku yang sama. Seorang teman yang juga penulis merekomendasikan beberapa buku bagus. Kebetulan salah satunya sama dengan buku yang saya beli. Kebetulan lagi, buku yang dimaksud ini yang hancur berkeping-keping hihi

Teman yang lain mencatat buku-buku yang direkomendasikan, dan juga membuat catatan kalau khusus buku yang sama dengan yang saya beli harus sekalian beli paper clip. Adalagi yang menyarankan agar buku yang baru saja keluar dari toko buku itu semua dibawa ke tukang fotokopi, di streples ulang.

Lain lagi dengan saran dari Bunda HanHil. Katanya sih halaman yang lepas dari jilidnya ini bisa diperbaiki dengan lem tembak. Dor! Dor! Dor!!!

Ah, ya… pakai lem tembak sepertinya jauh lebih baik daripada harus memperbaiki buku yang rusak ini ke tukang fotokopi.

Sesuai saran Bunda HanHil, begitu lem tembak ditembakkan, harus segera diapply dengan bagian yang akan ditempel. Kata Bunda HanHil sih kalau terlalu lama dibiarkan, lem tembaknya nanti keburu mendingin, dan tentu saja tidak akan bisa ditempeli apapun.  Daripada membuang-buang lem, lebih baik saya turuti saja saran beliau hehe

IMG-20150429-WA007

tembakkan lem di bagian tengah buku

IMG-20150429-WA005

segera tempel halaman yang lepas pada lem yang baru ditembakkan

Nah, sekarang halaman buku yang terlepas bisa dengan mudah saya tempel lagi. Terus lem tembak ini bisa buat apa lagi ya? Di tangan Bunda HanHil yang kreatif, lem tembak ini bukan hanya untuk memperbaiki buku yang rusak. Tapi juga bisa dipakai untuk membuat barang-barang unik, misalnya saja tempat pensil warna gulung tanpa jahitan seperti ini…

IMG-20150428-WA001

No sew colour pencils roll , sumber gambar : @hanhilhen

Lucu ya? Saya juga mau coba buat tempat pensil warna gulung seperti itu ah. Mudah-mudahan pensil warna Teteh jadi lebih awet kalau disimpan di situ. Secara sekarang kalau pulang dari sekolah, pas tempat pensilnya di cek itu pensil warna mesti hilang satu per satu… hiks, gimana bisa irit kalau harus beli pensil warna terus??? :)))

Leave a Reply