Meski Baunya Dahsyat, Buah Ini Mujarab Basmi Jerawat!

By | January 22, 2015

Ayoo… coba ingat-ingat, buah apa yang terkenal dengan baunya? Pasti banyak yang menjawab durian. Iya kan? Durian memang berbau dahsyat, tapi sayangnya bukan ini yang saya maksud. Lagipula saya koq gak yakin kalau durian bisa jadi obat jerawat. Terus apa donk?

Bagi sebagian orang, buah-buahan yang mujarab basmi jerawat ini bisa jadi merupakan buah-buahan yang paling dihindari. Jangankan ikut memakannya, mencium baunya saja sudah bisa membuat pusing. Sementara bagi sebagian lain, ada yang gak bisa makan kalau di atas piring nasinya gak ada buah ini. Eh, koq makan sama buah sih???

Buah yang berderet panjang ini biasa dimakan sebagai lalap, mentah atau cukup dibakar/direbus/digoreng. Ditambah sambal? Wuih… dijamin nasi satu piring gak bakal cukup. Ada juga yang diolah dengan makanan lain seperti sambal goreng kentang. Kalau saya belum tega makan buah ini mentah-mentah. Cukup yang ada di sambal goreng kentang saja, apalagi kalo di sambal gorengnya juga ada potongan hati sapi ๐Ÿ˜›

Nah, sudah bisa menebak kan, buah apa yang saya maksud?? Seperti ini nih penampakan buahnya…

Petai, Sumber : DetikHealth

Petai, Sumber : DetikHealth

Yup! Ternyata buah petai alias pete alias peuteuy (Sunda) alias Parkia speciosa bermanfaat untuk menghilangkan jerawat sampai ke akar-akarnya. Bahkan jerawat batu yang sudah menahun pun bisa hilang setelah penderita jerawat mengkonsumsi petai dengan rutin. Gak percaya? Teman saya sendiri punyaย testimoninya…

Jadi ceritanya, teman saya yang sekarang tinggal di Singapura ini mukanya berjerawat. Terakhir kami bertemu sekitar 5-6 bulan yang lalu. Kaget juga sih. Soalnya dulu sewaktu kuliah, mukanya muluuuuus banget, tidak seperti 5-6 bulan kemarin. Setelah berobat ke banyak dokter, ternyata obat yang paling mujarab untuk menghilangkan jerawat di wajahnya adalah P.E.T.A.I! Adiknya yang mengalami jerawat batu juga cocok diobati dengan petai. Eh, kebetulan, teman saya yang berprofesi sebagai dosen juga memiliki testimoni yang sama. Ibu dosen ini bilang kalau keluarga suaminya sangat suka makan petai, dan muka mereka mulus-mulus.

Untuk lebih meyakinkan apa yang terkandung di dalam petai, ibu dosen bersedia gak ya melakukan penelitian di labnya ahaha… ๐Ÿ˜€

Mengapa Petai Bisa Jadi Obat Jerawat?

Sudah cukup banyak yang membahas banyak khasiat petai. Mulai dari mencegah stroke, menetralkan asam lambung dan mengurangi iritasi di lambung, mencegah depresi, mengatasi sembelit, mencegah penuaan dini dan masih banyak lagi. Malah ada yang membahas khasiat petai sebagai obat anti kanker. Tentunya dengan dosis tertentu.

Tapi tidak ada yang spesifik membahas khasiat petai untuk jerawat. Setidaknya sampai saya melakukan pencarian di google dengan kata kunci “petai obat jerawat”. Yang muncul di halaman satu sebagai obat jerawat adalah petai cina (lamtoro), itu pun dijadikan masker.

Lalu, apa sih sebenarnya yang terkandung di dalam petai ini? Sampai-sampai teman saya merekomendasikan petai sebagai obat jerawat paling mujarab?

Ternyata, menurut beberapa penelitian, selain kaya gizi (tinggi protein, fosfor, dan vitamin seperti vitamin E dan B1), petai ini juga mengandung sulfur dan tanin. Kalau selama ini kita mengenal sulfur sebagai obat mengatasi jerawat dalam bentuk sabun, nah… sekarang sulfurnya langsung dimakan. Gak heran kalau jerawat hilang sampai ke akar-akarnya… Ok, abaikan teori yang ini ๐Ÿ˜›

Terus, kalau tanin buat apa? Masih dari berbagai penelitian, tanin sebagai antibakteri berpotensi mengobati jerawat. Efek antibakteri tanin antara lain melalui reaksi dengan membran sel. Flavonoid dalam tanin akan mendenaturasi dan mengkoagulasi protein serta merusak membran dinding sel. Selain itu ketekin dalam tanin mempunyai sifat antioksidatif yang berperan dalam melawan radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh. (Sumber : Gi-Health)

Errr… saya mendadak kunang-kunang dan mual-mual membaca satu paragraf di atas. Sekarang mau makan petai saja untuk menghilangkan depresi hihihi

Nah, tunggu apa lagi? Mulai sekarang jangan ragu mengkonsumsi petai, bau sedikit tidak masalah. Yang penting manfaatnya. Lebih penting lagi wajah terbebas dari jerawat dan awet muda sepanjang masa. Yang paliiingggg penting, sekarang satu papan petai disini dijual seribuan. Dapet sepuluh biji tuh!

Meski petai banyak manfaat dan murah, ingat…. jangan kebanyakan ya, kasihan tetangga. Kalau makan petainya kebanyakan, bisa-bisa bau pesingnya sampai satu kampung.

Tenang, ini bukan job review koq. Belum ada pabrik yang secara khusus memproduksi obat jerawat berbahan dasar buah ini. Jadi bisa dipastikan, tulisan ini murni berdasarkan pengalaman pribadi ๐Ÿ˜€

Ada yang punya pengalaman pribadi serupa? Yuk share di sini ^_^

5 thoughts on “Meski Baunya Dahsyat, Buah Ini Mujarab Basmi Jerawat!

  1. Mkls

    Unik diballik baunya yang super pesing ternyata ada manfaatnya juga untuk wajah.
    kalau boleh tau jengkol ada manfaatnya juga g’ gan? kan sama-sama bau + jadi makanan favorit kebanyakan orang.

    1. oRiN Post author

      petai udah bahasa Indonesia sih sepertinya… bahasa sundanya peuteuy ๐Ÿ˜€

      kalau di supermarket biasanya udah dikupas, sebesar kuku jempol dikemas plastik di bagian sayuran… btw, kalau sukses, kasih tau ya ๐Ÿ˜€

Leave a Reply