Hati-hati, Ada Ulat Gigi!

Pernah lihat ulat yang keluar dari gigi? Iya… ulat! Keluar dari gigi!!! Serem pastinya. Saya pernah tuh mengeluarkan ulat yang ada di dalam gusi Ceuceu. Hiyyy…

Bagaimana urusannya gigi bisa berulat? Ceritanya, dulu Ceuceu mengeluh sakit gigi. Dari luar sih gigi Ceuceu terlihat baik-baik saja. Kalaupun ada terlihat bolong, hanya sedikit. Bukan bolong yang besar. Tapi ketika sakit di gigi Ceuceu tidak kunjung sembuh, saya pun membawa Ceuceu ke dokter gigi. Ternyata, gigi yang dari luar lubangnya hanya terlihat sedikit itu, begitu dibongkar… waw… nasi satu kepal bisa masuk tuh ke lubangnya hihi… lebay ya?

Saat itu Dokter sudah menyarankan untuk segera menambal gigi Ceuceu yang berlubang. Dengan pertimbangan gigi geraham Ceuceu akan segera tanggal, dan Ceuceu pun ketakutan dengan suara bor gigi, akhirnya gigi Ceuceu dibiarkan berlubang begitu saja. Saat itu gigi Ceuceu hanya dibersihkan dan dibor tanpa ditambal.

Akibatnya? Beberapa minggu kemudian Ceuceu kembali mengeluh sakit gigi. Kali ini gusinya menghitam. Setelah saya periksa, ternyata di gusinya ada semacam “ulat” yang melubangi gusi. Saya sempat mengabadikan penampakan ulat yang bersarang di gigi Ceuceu.

Ulat gigi, dokumen pribadi

Bayangkan ini ada di dalam gigi dan menembus sampai keluar gusi… Hiyyyy!

Waktu saya keluarkan sih ulatnya cuma satu, tapi panjang. Ulat ini saya tarik pakai pinset… hiks. Karena takut di dalam gusi Ceuceu masih ada ulat yang lain, sorenya saya bawa Ceuceu ke dokter gigi. Beruntung setelah diperiksa gak ada lagi ulat yang bersarang di gusi Ceuceu. Mau gak mau Ceuceu harus minum antibiotik.

Gigi berlubang bisa disebabkan oleh sisa makanan yang terselip di gigi. Bakteri yang ada di dalam mulut menjadi tumbuh dan berkembang berjuta-juta kali lipat. Biasanya sisa makanan yang mengandung gula akan diubah menjadi asam oleh bakteri. Asam inilah yang merusak lapisan gigi akhirnya berlubang.

Seperti yang dialami oleh Ceuceu, awalnya gigi Ceuceu terlihat sehat, meski terlihat ada lubang kecil. Tapi ternyata lubang di dalam gigi yang tidak terlihat dari luar sudah membesar tanpa disadari.

Apa yang terjadi kalau gigi dibiarkan berlubang?

Awalnya mungkin lubang pada gigi tidak akan terasa sakit. Tapi kalau dibiarkan, lama-lama lubang akan sampai ke jaringan syaraf. Malah bisa jadi gigi mengalami infeksi, gigi jadi bernanah. Pada beberapa kasus, nanah ini tertahan di dalam gigi dan membusuk. Nah, nanah yang membusuk inilah yang menjadi ulat seperti yang dialami oleh Ceuceu.

Di beberapa gambar dan video yang saya lihat di Youtube malah sampai ada ulat gigi yang menumpuk bahkan menembus pipi. Aduh… serem banget kan. Pipinya bisa sampai bolong digigit ulat gigi 🙁

Yang lebih menyeramkan sih kalau infeksi ini dibiarkan. Bukan hanya menyebar di gusi/rongga mulut, tapi juga menyebar ke anggota tubuh lain. Caranya? Bisa melalui sirkulasi darah, melalui aliran limfatik, saluran cerna dan pernafasan, atau perluasan langsung infeksi dalam jaringan gigi yang rusak.

Akibatnya? Sedikitnya ada 41 penyakit yang bisa timbul akibat infeksi gigi, diantaranya tonsilitis, faringitis, berbagai kelainan pada lambung, laringitis, trakeitis, bronkitis atau pneumonia, sinusitis maksilaris, meningitis, kerusakan ginjal, dan rhematoid athritis, bahkan bisa menyebabkan kematian (Sumber : Republika).

Wah.. kalau dibiarkan, ulat giginya nanti bisa jalan-jalan ke seluruh tubuh!

Aduh, ternyata urusan gigi berlubang ini bisa menyebabkan infeksi kronis, ya? Saya tidakmau lagi deh menyepelekan urusan gigi. Bisa-bisa saya merasa bersalah seumur hidup karena telah membiarkan gigi anak-anak berlubang. Ditambal bisa sih, hanya saja mencegah kan lebih baik daripada mengobati.

Kalau kata Meggy Z, lebih baik sakit gigi daripada sakit hati… itu bohong! Sakit gigi juga gak enak sama sekali!

143 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published.