Hati-hati, Ada Ulat Gigi!

By | January 4, 2015

Pernah lihat ulat yang keluar dari gigi? Iya… ulat! Keluar dari gigi!!! Serem pastinya. Saya pernah tuh mengeluarkan ulat yang ada di dalam gusi Ceuceu. Hiyyy…

Bagaimana urusannya gigi bisa berulat? Ceritanya, dulu Ceuceu mengeluh sakit gigi. Dari luar sih gigi Ceuceu terlihat baik-baik saja. Kalaupun ada terlihat bolong, hanya sedikit. Bukan bolong yang besar. Tapi ketika sakit di gigi Ceuceu tidak kunjung sembuh, saya pun membawa Ceuceu ke dokter gigi. Ternyata, gigi yang dari luar lubangnya hanya terlihat sedikit itu, begitu dibongkar… waw… nasi satu kepal bisa masuk tuh ke lubangnya hihi… lebay ya?

Saat itu Dokter sudah menyarankan untuk segera menambal gigi Ceuceu yang berlubang. Dengan pertimbangan gigi geraham Ceuceu akan segera tanggal, dan Ceuceu pun ketakutan dengan suara bor gigi, akhirnya gigi Ceuceu dibiarkan berlubang begitu saja. Saat itu gigi Ceuceu hanya dibersihkan dan dibor tanpa ditambal.

Akibatnya? Beberapa minggu kemudian Ceuceu kembali mengeluh sakit gigi. Kali ini gusinya menghitam. Setelah saya periksa, ternyata di gusinya ada semacam “ulat” yang melubangi gusi. Saya sempat mengabadikan penampakan ulat yang bersarang di gigi Ceuceu.

Ulat gigi, dokumen pribadi

Bayangkan ini ada di dalam gigi dan menembus sampai keluar gusi… Hiyyyy!

Waktu saya keluarkan sih ulatnya cuma satu, tapi panjang. Ulat ini saya tarik pakai pinset… hiks. Karena takut di dalam gusi Ceuceu masih ada ulat yang lain, sorenya saya bawa Ceuceu ke dokter gigi. Beruntung setelah diperiksa gak ada lagi ulat yang bersarang di gusi Ceuceu. Mau gak mau Ceuceu harus minum antibiotik.

Gigi berlubang bisa disebabkan oleh sisa makanan yang terselip di gigi. Bakteri yang ada di dalam mulut menjadi tumbuh dan berkembang berjuta-juta kali lipat. Biasanya sisa makanan yang mengandung gula akan diubah menjadi asam oleh bakteri. Asam inilah yang merusak lapisan gigi akhirnya berlubang.

Seperti yang dialami oleh Ceuceu, awalnya gigi Ceuceu terlihat sehat, meski terlihat ada lubang kecil. Tapi ternyata lubang di dalam gigi yang tidak terlihat dari luar sudah membesar tanpa disadari.

Apa yang terjadi kalau gigi dibiarkan berlubang?

Awalnya mungkin lubang pada gigi tidak akan terasa sakit. Tapi kalau dibiarkan, lama-lama lubang akan sampai ke jaringan syaraf. Malah bisa jadi gigi mengalami infeksi, gigi jadi bernanah. Pada beberapa kasus, nanah ini tertahan di dalam gigi dan membusuk. Nah, nanah yang membusuk inilah yang menjadi ulat seperti yang dialami oleh Ceuceu.

Di beberapa gambar dan video yang saya lihat di Youtube malah sampai ada ulat gigi yang menumpuk bahkan menembus pipi. Aduh… serem banget kan. Pipinya bisa sampai bolong digigit ulat gigi 🙁

Yang lebih menyeramkan sih kalau infeksi ini dibiarkan. Bukan hanya menyebar di gusi/rongga mulut, tapi juga menyebar ke anggota tubuh lain. Caranya? Bisa melalui sirkulasi darah, melalui aliran limfatik, saluran cerna dan pernafasan, atau perluasan langsung infeksi dalam jaringan gigi yang rusak.

Akibatnya? Sedikitnya ada 41 penyakit yang bisa timbul akibat infeksi gigi, diantaranya tonsilitis, faringitis, berbagai kelainan pada lambung, laringitis, trakeitis, bronkitis atau pneumonia, sinusitis maksilaris, meningitis, kerusakan ginjal, dan rhematoid athritis, bahkan bisa menyebabkan kematian (Sumber : Republika).

Wah.. kalau dibiarkan, ulat giginya nanti bisa jalan-jalan ke seluruh tubuh!

Aduh, ternyata urusan gigi berlubang ini bisa menyebabkan infeksi kronis, ya? Saya tidakmau lagi deh menyepelekan urusan gigi. Bisa-bisa saya merasa bersalah seumur hidup karena telah membiarkan gigi anak-anak berlubang. Ditambal bisa sih, hanya saja mencegah kan lebih baik daripada mengobati.

Kalau kata Meggy Z, lebih baik sakit gigi daripada sakit hati… itu bohong! Sakit gigi juga gak enak sama sekali!

29 thoughts on “Hati-hati, Ada Ulat Gigi!

  1. Anonymous

    beneran ulat? utek2an? hiiiyy. Anak2 harus baca nih, biar ga disangka hoax omongan emakna teh. Thanx mamah orin.

    Reply
  2. sutopo

    wkwkkwkw :v yg terakhir bagus mbak wkwkkw..
    penyebab sakit gigi nek kata ibukku jarang sikat gigi :3 , jadi aku sering sikat gigi , make closeup :3 #promosi :v

    Reply
  3. Saritobing

    Mending sakit hati dri pda skit gigi ngri lgi ada ulet nya hihi sremmmm

    Reply
  4. Anonymous

    Cara ngobati gigi menggunakan daun kecubung:siapkan satu ember kecil berisi air 1/8 lalu kasih pencagak dan logam bakar logam sampai panas lalu letakan diatas penacagak kemudian letak minyak makan setelah memendidih masukan biji kecubung tutup menggunakan corong lalu asapnya tahan di mulut dan akan keluar ulat yg putih putih seperti hydra..

    Reply
  5. Durga Roykingsen

    Jangan pernah menyepelkan gigi yang berlobang,saya kecewa pernah menyepelekan lobang gigi.. sekarang gigi saya sakit dan saya pun cepat pergi brobat tradisonal menggunakan kecoa batu dan itu bisa mengeluarkan ulat gigi.. pertama saya gak percaya di gigi itu punya ulat.. tapi ketika berobat ulat putih yang besar nya sehelai rambut kluar dari pori pori pipi saya dan terkejut melihat ulat yang keluar sebanyak 48 ekor bayangkan sakit nya tuh lebih parah di banding patah tangan sob

    Reply
    1. Anonymous

      Jd bagaimana cara mengeluarkan pakai obat tradisionalny mas durga??

      Reply
  6. SCP indonesia

    Cara ngobati gigi menggunakan daun kecubung:siapkan satu ember kecil berisi air 1/8 lalu kasih pencagak dan logam bakar logam sampai panas lalu letakan diatas penacagak kemudian letak minyak makan setelah memendidih masukan biji kecubung tutup menggunakan corong lalu asapnya tahan di mulut dan akan keluar ulat yg putih putih seperti hydra..

    Reply
  7. Yuni Astutik

    Alhamdulillah banget gak ada masalah dengan gigiku… semoga sampai nanti tidak akan ada masalah

    Reply
  8. Yoekaa

    Masalah gigi ini emang begitu, ibu saya aja udah gak ada giginya malah gusinya yang sakit, kasihan sekali

    Reply
  9. arena gadget

    Ampun dah kalau sakit gigi…tpi kalo ada ulat giginya itu yang bikin serem…

    Reply
  10. Rumah dijual di Pondok Cabe

    Keren! saya jadi pengen bikin content seperti yg anda buat! sangat mengagumkan
    terima kasih dari newbie seperti saya 🙂

    Reply
  11. Anonymous

    Mana ada ulat gigi. Makanya pergi ke dokter :v itu ulat keluar dr pipi karna kbnykan makan babi :v

    Reply
    1. oRiN Post author

      hihi.. itu nanah yang membusuk, gak keluar jadinya kayak ulat gigi

      Reply
  12. Assyifa

    Pengobatan tradisional sakit Gigi juga ngeluarin ulat gigi..
    pake siki terong, teh Orin pernah liat?

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *