[TIPS] Mengupas Telur Rebus

By | November 13, 2014

Kalau bicara soal makanan, boleh dibilang anak-anak tidak ada yang rewel. Apa saja mau dimakan. Tapi diantara banyak makanan, ada satu yang tidak boleh terlewat. Apalagi kalau bukan telur. Anak-anak memang pinter, tahu emaknya pelit. Ya kalau beli ayam seperempat, itu juga harus dipotong kecil-kecil biar semua kebagian, dengan harga yang sama bisa dapet telur setengah kilo, kurang lebih 8 butir telur, cukup untuk makan dari pagi sampai malam. Yang penting masih bergizi. Iya kan? Hahaha

Selain sebagai lauk nasi, telur juga seringkali digado… didadar, dibuat mata sapi, atau sekedar direbus. Semua harus dimasak dulu, soalnya belum ada  yang mau makan telur mentah.

Yang bikin repot kalau anak-anak minta telur puyuh rebus, hiks… capek kupas satu-satu perintilan gitu. Untungnya kalau minta telur rebus, anak-anak maunya kupas telur sendiri. Dulu, sebelum saya tahu tips ini, seringkali anak-anak kesusahan mengupas telur yang masih menempel di cangkangnya. Alhasil, jadinya malah berantakan. Tapi sekarang sih tidak lagi, ada tips biar telur rebus mudah dikupas dan tidak menempel di cangkangnya.

Daripada blognya lumutan lama tidak diisi, berikut saya tuliskan tips mengupas telur rebus, baik itu telur ayam atau puyuh. Telur bebek saya belum percah coba. Yang sudah pasti tidak bisa sih  telur yang katanya keluar dari seorang kakek di Jakarta itu.

Langkah 1. Sebelum dikupas, tentu saja telurnya harus direbus terlebih dahulu. Kalau tidak direbus, ya jadinya bukan telur rebus.

Langkah 2. Masukkan telur ke dalam panci yang berisi air dingin. Sebaiknya sih pancinya yang bertutup, tapi jangan lupa sisakan sedikit lubang di tutupnya.

Langkah 3. Gunakan  mulai dari api kecil, biarkan air mendidih perlahan. Jangan terlalu besar ya, kalau api yang digunakan terlalu besar, nanti cangkang telurnya bisa retak/cracking.

Langkah 4. Tambahkan  1/2 sdt garam, untuk mencegah cracking. Selain itu garam juga bisa membuat cangkang telur lebih mudah dikupas.

Langkah 5. Telur matang sempurna setelah air mendidih kurang lebih selama 5 menit (3 menit setelah air mendidih telur menjadi 1/2 matang, 5 menit setelah air mendidih telur menjadi matang) Kalau telur terlalu lama direbus, kulit ari telur akan menyatu dengan putih telur sehingga menyulitkan pengupasan).

Langkah 6. Ketika telur sudah matang, kurangi panas sedikit demi sedikit sehingga temperatur telur tetap terjaga. Biarkan sampai airnya dingin setidaknya 10-15 menit.

Nah, bagi yang tidak sabaran seperti saya, menunggu 10-15 menit ini cukup lama rasanya. Untuk mempercepat proses pendinginan, telur yang sudah matang ini kemudian dimasukkan ke dalam air dingin dan biarkan sampai cangkangnya benar-benar dingin. Kulit telur yang panas akan rapuh jika tiba tiba di beri air dingin. Masih kurang cepat? Tambahkan es batu atau pakai air dingin dari kulkas!

Hasilnya? Telur bisa dikupas dengan sempurna… eh, tapi perasaan tadi telur puyuh yang direbus ada 20… koq sekarang gak ada satupun ya???

Hadeuuuh… ini sih selesai dikupas langsung dimakan! Dasar bocah! Maaf ya, gak ada fotonya… barang bukti sudah lenyap :))

11 thoughts on “[TIPS] Mengupas Telur Rebus

  1. Rianda Prayoga

    Bisa dipraktekan nih tipsnya, kebetulan aku kadang kurang sabaran, telurnya jadi berantakan, gk mulus hasilnya

  2. Indra Kusuma Sejati

    Makanannya sederhana yang dapat mengenyangkan nih, apalagi kalau hasil kupasan telurnya rapih tidak bopel-bopel ya mba ? he,, he,, he,,

  3. Pancal Mania

    boleh juga nih tipsnya..
    selama ini sih langsung kupas aja telur rebusnya…alhasil hasilnya berantakan..malah bagian putih telur ikut terkelupas.. jadi kyk telur habis di aniaya..hehe

  4. Hijab Pashmina

    Cara kupas telor matang pakai botol kan juga bisa 😀 kalo pertama kali coba rasanya sangat seru loh

  5. Asmaul Husna

    ow ternyata harus di tambahkan garam ya, baru tau saya, mangkanya dulu pas tidak di beri garam telur rebus ku sulit sekali dikelupasnya,
    Makasih infonya ya Kak : )

Leave a Reply