Smartphone + Smartpeople = Smartlive

By | August 29, 2014

“Duh, hpku jam pasir mulu nih. Jadi susah kalau mau ikut ngobrol di grup whatsapp. Berat banget”, keluh Indri.

“Yah, itu sih emang penyakitnya. Ganti donk sama hp kaya’ punyaku ini”, kata Mia sambil menunjukkan gadget keluaran terbaru pabrikan ternama miliknya.

“Emang ada aplikasi apa aja sih? Aku cuma perlu buat push email sama chat, medsos sesekali lah”, tanya Indri.

“Ya, yang aku pake juga cuma itu sih… Chat sama medsos doank malah. Gaul donk! Eksis di mana-mana… hehe”, Mia hanya bisa cengengesan menjawab pertanyaan Indri.

“Aku lebih butuh hp buat kerja, jawab email ini itu. Smartphone bukan cuma buat gaya doank kali”, timpal Indri.

Eh, tapi hpku ini suka dipake belajar juga sama anakku. Ada aplikasi do’a harian, tilawah, banyak deh. Jadi bukan cuma gaya doank aku punya hp ini”, Mia buru-buru mengoreksi jawabannya tadi.

Seberapa penting gadget dalam kehidupan?

Dulu kita hanya mengandalkan televisi, radio, dan media cetak untuk update berita, kemudian dunia informasi dan komunikasi dibantu dengan adanya komputer dan internet. Sekarang banyak media elektronik yang bisa diakses dengan mudah melalui smartphone. Bukan hal yang aneh lagi ketika menjelang tidur atau bangun tidur, benda terdekat yang ada di samping kita adalah smartphone.

Perkembangan informasi dan komunikasi yang begitu cepat membuat kita selalu ingin update hal-hal terbaru yang ada di luar secepat mungkin.

Dan ini didukung oleh perkembangan gadget dari masa ke masa yang sangat cepat, bahkan boleh dibilang hampir tidak bisa disamai dengan perkembangan teknologi apapun. Bayangkan saja, baru bulan kemarin pabrikan A mengumumkan teknologi terbaru yang disematkan di  smartphone/gadget  teranyar yang dikeluarkannya dengan harga yang tentu saja mahal. Tak lama banyak beredar gadget yang memiliki teknologi setara dengan harga yang jauh lebih murah.

Sejurus kemudian, pabrikan B mengadakan acara peluncuran  smartphone/gadget dengan teknologi yang lebih canggih. Begitu seterusnya.

Setiap pabrikan tak pernah berhenti melakukan riset terhadap keinginan pasar, memenuhi keinginan pasar. Masalahnya keinginan pasar pun selalu berkembang dan tidak pernah puas dengan produk yang sudah ada.

Tak jarang kita pun seringkali kita tergoda untuk memiliki smartphone/gadget keluaran terbaru.

Smartphone/gadget tak bisa lepas dari konten dan aplikasi yang bisa disematkan. Rasanya sayang jika smartphone/gadget dengan teknologi canggih hanya dipakai untuk menerima/mengirim email, chat atau bermain games. Kalau sudah begini, smartphone menjadi tidak smart lagi.

Padahal tidak hanya teknologi canggih dan terkini, produsen gadget pun terus melakukan inovasi dengan melahirkan konten-konten yang menarik. Beberapa gadget kemudian muncul dengan konten khusus (bundling) sehingga konten tersebut tidak bisa didapatkan pada gadget pabrikan lain. Selain teknologi yang canggih dan aplikasi/konten yang sudah bundling dengan gadget/smartphone yang ada, aplikasi tambahan pun terus bermunculan untuk melengkapi smartphone/gadget.  Ada ribuan aplikasi yang bisa diunduh dengan gratis dan tak kurang dari 400.000 aplikasi yang diunduh setiap harinya.

Dengan adanya aplikasi/konten yang menarik itu, bukan hanya orang-orang kantoran, mahasiswa, atau pebisnis saja yang memerlukan smartphone/gadget. Bahkan ibu-ibu rumah tangga juga membutuhkannya. Meski bukan berupa bantuan tenaga, smartphone bisa membuat pekerjaan ibu-ibu rumah tangga yang bisa dibilang bekerja selama 24 jam penuh lebih efektif dan efisien.

Misalnya ketika saya kebingungan dengan menu masakan hari ini, saya tinggal menggunakan smartphone yang saya miliki, kemudian mencari dan memilih berbagai resep yang tersedia di internet.

Saya juga bisa mengatur berbagai jadwal dan agenda harian/mingguan/bulanan melalui smartphone. Sehingga saya tidak perlu takut terlewat satu pun jadwal yang sudah saya buat.

Atau ketika anak saya bertanya mengenai tugas yang diberikan di sekolah, saya pun tinggal membuka layanan pencari dan menemukan jawaban pertanyaan anak saya.

Tak terkecuali urusan belanja, di mana sekarang ini banyak toko online yang membuat kita bisa berbelanja tanpa meninggalkan rumah. Tinggal sekali klik, maka barang yang kita inginkan siap dikirimkan kapan saja.

Bahkan update blog pun sekarang bisa saya lakukan di mana saja.

Sekarang ini smartphone/gadget tidak dapat terpisahkan dari kehidupan. Tapi yang paling penting, bukan hanya handphonenya saja yang pintar, penggunanya pun harus pintar agar bisa menjalani hidup dengan pintar. Aplikasi dan konten yang beredar di pasaran ini tidak hanya aplikasi yang bermanfaat, banyak juga diantaranya yang bisa berakibat negatif terhadap perkembangan emosi dan psikologis anak-anak.

Sebagai konsumen dan orang tua, tentunya kita harus pintar memilih gadget dan juga konten yang bermanfaat untuk anak-anak dan keluarga. Selain sebagai penunjang komunikasi agar berjalan dengan cepat, sebaiknya smartphone/gadget pun mendukung kebutuhan kita untuk beribadah.

Adalah Sygma Creative Media Corporation (Sygma CMC) sebagai perusahaan penerbit Al-Qur’an digital, yang bisa menutup dan memenuhi kebutuhan seperti ini. Melalui produk terbarunya, Syaamil Tabz dan Syaamil Note.

Syaamil Tabz dilengkapi dengan aplikasi Built in Islami yang berisi konten yang sudah didesain sedemikian rupa untuk memenuhi kebutuhan ibadah umat Islam, seperti bacaan sholat, ayat-ayat Al-Quran dan Al-Hadits, dzikir dan do’a, dan pengetahuan Fiqih lainnya.

Tak hanya itu, Syaamil Tabz juga dilengkapi game interaktif tanya jawab seputar pengetahuan agama yang dirancang untuk anak-anak.

Begitupun dengan Syaamil Note, smartphone android yang didalamnya dilengkapi aplikasi built in islami paling lengkap. Dengan Built-in aplikasi seperti Quran Miracle The Practice, Tafsir Ibnu Katsir 30 Juz, Aplikasi Haji dan Umrah, E-book Pustaka Sains Populer Islami, Game A Ba Ta untuk anak, dan masih banyak lagi aplikasi built-in, konten dan bonus yang jika dirupiahkan, maka nilainya mencapai lebih dari Rp 10 juta.

Jika kita bandingkan dengan smartphone lain, ilmu dan manfaat yang diperoleh dari Syaamil Note maupun Syaamil Tabz ini tidak ternilai harganya.

Syaamil Tabz dan Syaamil Note memudahkan kita untuk beribadah dan mempelajari Islam, dimanapun kita berada.

Tulisan ini diikutsertakan pada Lomba Blog #PameranBukuBdg2014 yang diadakan IKAPI Jabar dan Syaamil Quran
http://syaamilquran.com/wp-content/uploads/widget-lomba.jpg

4 thoughts on “Smartphone + Smartpeople = Smartlive

  1. Rianda Prayoga

    Tapi sepertinya sebagian orang menggunakan smartphone untuk ” gaya” & sensasi. Seperti yg trjadi sekarang, orang mengantri jauh2 hari untuk mengantri smartphone terbaru.. Supaya eksis

Leave a Reply