Hidup lebih tenang dan nyaman dengan Asuransi

By | July 25, 2014

Tulisan Terbaik Ketiga #ngaBLOGburit ‘Insurance is Lifestyle

“Bruk”

Tiba-tiba mobil kami yang saat itu sedang mengantri di tengah-tengah kemacetan mudik lebaran 3 tahun yang lalu ditabrak dari belakang, dan tentu saja menabrak mobil yang ada di depan. Anak-anak yang sedang terlelap di jok belakang terlempar ke depan dansontak keduanya menangis dengan keras.

Setelah memeriksa dan menenangkan anak-anak yang tidak mengalami cidera parah, suami pun turun dari mobil untuk memeriksa kerusakan mobil kami.

Innalillahi, mobil kami saat itu penyok depan belakang. Padahal kami masih dalam perjalanan mudik. Sayangnya saat itu sedang suasana lebaran, dapat dipastikan tidak ada bengkel yang buka agar kami bisa memperkirakan berapa biaya yang harus kami keluarkan.

Suami tentu saja marah, karena merasa sudah membawa mobil dengan hati-hati. Setelah negosiasi panjang dengan sopir yang menabrak mobil kami dari belakang, juga mobil yang ditabrak oleh mobil kami, akhirnya diperoleh kesepakatan penabrak mobil kami memberikan sejumlah uang untuk memperbaiki mobil kami. Beruntung mobil yang ditabrak oleh kami tidak meminta ganti rugi apapun. Penabrak saat itu memiliki asuransi untuk mobilnya, begitu pun mobil yang kami tabrak.

Jadi mau tidak mau, cukup tidak cukup, uang dari penabrak terpaksa kami terima. Ya, diantara ketiga mobil yang mengalami kecelakaan saat itu, hanya mobil kami saja yang tidak memiliki asuransi mobil. Padahal saat kami memutuskan membeli mobil bekas dari dealer, dealer pun sudah menawarkan asuransi.

Tapi dengan pertimbangan tidak akan ada kejadian apa pun di jalan, akhirnya tawaran itu tidak kami terima. Saat itu kami pikir untuk apa membayar premi setiap bulan, padahal kami sudah sangat hati-hati membawa kendaraan.

Ternyata takdir berkata lain. Kecelakaan yang terjadi saat mudik lebaran 3 tahun itu benar-benar membuka pikiran kami. Bahwa meskipun kita sudah berhati-hati membawa kendaraan dan mentaati segala peraturan lalu lintas, tidak demikian dengan pengendara yang lain.

Biaya yang harus kami keluarkan untuk memperbaiki kerusakan akibat tabrakan beruntun saat itu cukup besar, dan uang pengganti dari penabrak sama sekali tidak mencukupi. Yang membuat kami sangat menyesal adalah, biaya itu seharusnya bisa ditutup oleh asuransi, andai saja kami menerima tawaran dealer untuk mengambil asuransi.

Setelah selesai diperbaiki, tidak lama setelah kecelakaan, mobil itu kami jual. Trauma. Kami membeli lagi mobil lain, dan sebelum dealer menawarkan asuransi, kami sudah lebih dahulu menanyakannya.

Yang membuat bingung adalah memilih asuransi apa yang ditawarkan oleh dealer. Jangan sampai kami salah memilih perusahaan asuransi. Karena jika salah, bukannya menyelesaikan masalah yang terjadi pada kendaraan kita, tapi malah menambah masalah.

Bagaimana memilih asuransi yang tepat untuk kendaraan kita?

Memilih asuransi untuk kendaraan memang tidak gampang, ini terbukti saat kami ditawari beberapa asuransi dari banyak perusahaan asuransi terkemuka oleh dealer. Membingungkan!

Tapi ada beberapa poin penting yang harus kita teliti sebelum memutuskan memilih asuransi mobil terbaik, yaitu:

  1. Kemudahan klaim. Bagi saya, hal ini sangat penting. Karena kemudahan klaim merupakan hal yang paling dicari saat sebuah produk asuransi akan digunakan/diklaim. Rasanya percuma saja membayar premi yang murah, jaringan layanan bengkel yang luas, jika klaim yang menjadi hak kita sulit dilakukan.
  2. Jaringan Bengkel dan Layanan. Sekedar diketahui bagi yang belum pernah memiliki asuransi mobil, tidak semua bengkel menerima klaim asuransi. Jaringan dan kantor layanan yang tersedia luas di berbagai daerah tentunya membuat kita merasa nyaman dan aman saat harus bepergian ke luar kota dengan mobil yang kita miliki.
  3. Premi. Meski antara asuransi mobil yang satu dengan yang lain tidak terlalu besar perbedaannya, tapi nilai yang hanya beberapa puluh ribu rupiah tersebut tidak sebanding jika layanan yang diperoleh tidak memuaskan. Bayangkan saja jika klaim berbelit dan membutuhkan waktu lama, atau kualitas bengkel dan spare parts yang digunakan juga tidak sesuai.
  4. Garansi hasil kerja dan spare parts yang digunakan. Meski mobil kita sudah mengalami kerusakan, tentunya harapan saat keluar dari bengkel, mobil kita terlihat seperti “baru”. Begitu pun dengan spare parts yang digunakan, siapa sih yang mau kalau spare parts yang tadinya orisinal kemudian digantikan dengan yang kualitasnya rendah.Pertimbangkan juga soal garansi perbaikan dari bengkel yang melakukan perbaikan.
  5. Perusahaan Asuransi. Pentingnya mencari tahu lebih banyak tentang perusahaan penyedia asuransi yang akan kita pilih. Kredibilitas, track record, penilaian dari lembaga independen semacam lembaga pemeringkat asuransi, penghargaan dari lembaga konsumen, juga laporan keuangan yang bagus menjadi hal yang layak dipertimbangkan.
  6. Layanan tambahan. Tidak semua perusahaan asuransi memiliki layanan tambahan. Biasanya sih layanan ini tidak berhubungan dengan premi, tapi ini merupakan nilai tambah bagi kita. Misalnya saja saat kita kehabisan bensin, kuncitertinggal di dalam mobil, overheating, atau ban bocor, pastikan asuransi mobil yang kita miliki memnawarkan layanan tambahan seperti ini.

Memangnya ada asuransi mobil yang menawarkan fasilitas lengkap seperti itu?

Ada donk. Setelah memilih dan memilah banyak produk asuransi dari berbagai perusahaan yang berbeda, akhirnya kami memilihGarda Oto.

Kenapa?

Selain memenuhi kriteria seperti yang telah disebutkan di atas, Garda Oto juga menyediakan layanan luar biasa untuk para pelanggannya, yaitu :

  1. Garda Siaga 24 jam. Tak perlu khawatir lagi kalau mogok tengah malam. Garda Siaga 24 jam ini siap membantu pelanggan menghidupkan mobil, membantu ke bengkel terdekat atau bahkan mendereknya jika perlu. Garda Siaga tersebar luas di 20 wilayah se-Indonesia dan siap membantu 24 jam, 7 hari seminggu, 365 hari setahun. Untuk Garda Center di Jakarta ada di 6 titik, yakni:- Kelapa Gading, di Jl. Raya Barat Boulevard LC 6 No. 21-22 KGD, Jakarta 14240 Jakarta Utara.
    – Bellezza Shopping Arcade, Lantai Dasar Atrium, Jl. Arteri Permata Hijau No. 34 Jakarta Selatan
    – Cibubur Junction, Lantai Basement 1, Jl. Jambore No. 1, Cibubur, Jakarta Timur
    – Mall Cipinang Indah, Lobby LG, Jl. Raya Kalimalang No. 88 Jakarta Timur
    – Mall Kuningan City, LG Floor : Jl. Prof. Dr. Satrio kav. 18, Kuningan Setiabudi, 12940, Jakarta Selatan
    – Pluit Junction di Lantai Dasar, Jl. Pluit Raya No. 1 Pluit Jakarta Utara
  2. Garda Akses. Layanan 24 jam Garda Akes ini memudahkan pelanggan atau pemegang polis yang membutuhkan bantuan info, bantuan darurat, laporan klaim. Cukup menghubungi Garda Akses di (021) 500112.
  3. Garansi Pengecatan. Pernahkah setelah mobil dicat di bengkel, tidak lama kemudian catnya retak bahkan mengelupas. Saya pernah. Garda Oto memberikan garansi hasil pekerjaan selama 6 bulan setelah pekerjaan pengecatan dilakukan.
  4. Garansi Spare Parts Asli. Untuk kepastian kualitas perbaikan mobil pelanggan,Garda Otomenyediakan garansi hasil kerja bengkel selama 6 bulan, dengan didukung suku cadang asli yang terjamin mutunya. Sehingga mobil kita tetap original.
  5. Klaim mudah. Klaim Garda Oto ini mudah. Pelanggan cukup telpon (021) 500112 untuk lapor klaim atau dengan klaim langsung ke kantor layanan Asuransi Astra. Bahkan survey klaim bisa di lokasi Kantor atau Rumah Pelanggan (khusus DKI Jakarta).
  6. No claim bonus. Nah ini nih yang tadinya membuat saya tidak mau memiliki asuransi mobil. Kalau tidak ada klaim, uang yang sudah kita setorkan hangus semua donk? Tenyata di Garda Oto ini jikapelanggan tidak pernah klaim selama setahun, maka Garda Oto akan memberikan potongan pembayaran saat memperpanjang polis. Bahkan pada polis Syariah, selain mendapat No Claim Bonus, juga mendapat Bonus Bagi Hasil bila terjadi surplus.
  7. Garda Q Repair. Setiap klaim dilakukan di layanan bengkel terpercaya yang mengutamakan kecepatan dan kualitas. Garda Oto menyediakan layanan Same Day Service (khusus DKI Jakarta).
  8. Syariah & Konvensional. Untuk yang lebih nyaman dengan asuransi yang syar’i, Garda Oto juga menyediakan asuransi syariah dan konvensional. Layanan yang diperoleh pun 100% sama.

Lalu apa saja jenis perlindungan Garda Oto?

Jenis perlindungan ini menyangkut layanan yang akan diperoleh pelanggan.Garda Oto memberikan jenis perlindungan sebagai berikut:

  1. Total Loss Only (TLO).Menjamin risiko terhadap kerugian/kerusakan keseluruhan, hanya jika biaya perbaikannya diperkirakan sama dengan atau melebihi 75% dari harga kendaraan sesaat sebelum kerugian, serta menjamin kerugian apabila kendaraan hilang dicuri.
  2. Comprehensif.Menjamin risiko terhadap kerugian/kerusakan sebagian (Partial Loss) maupun keseluruhan (Total Loss), yang diakibatkan oleh semua risiko sepanjang tidak dikecualikan dalam polis.
  3. Perlindungan tambahan. Meliputi AOG (Act of God) meliputi banjir, tsunami, badai dan lain-lain. SRCC Strike Riot Civil Commotion, Tanggungjawab pihak ketiga dan Personal accident.

Kami sendiri memilih menggunakan jenis perlindungan Comprehensif, dengan pertimbangan kita tidak pernah tahu apa yang akan kita alami nanti. Jadi kendaraan yang kami miliki mendapatkan perlindungan menyeluruh dari Asuransi Astra.

Nah, dengan berbagai layanan tersebut Garda Oto menjamin pelanggannya merasakan Peace of Mind sebagai wujud komitmenAsuransi Astra. Sesuai dengan mottonya Peace of Mind, Garda Oto akan melakukan yang terbaik bagi pelanggannya. Membuat pelanggan tersenyum bahagia. Dengan kualitas dan pelayanan maksimal, Garda Oto akan memastikan pelanggan bebas masalah.

Buktinya? Beberapa minggu yang lalu, mobil kami mengalami kecelakaan di jalan yang sama dengan kecelakaan 3 tahun yang lalu. Kali ini mobil kami ditabrak oleh truk, sopirnya mengantuk. Reaksi suami kali ini sangat berbeda dengan 3 tahun yang lalu. Kali ini suami turun dari mobil, memeriksa kerusakan mobil, lalu bicara dengan sopir dan mengakhiri perbincangan dengan tersenyum…

“Lain kali hati-hati ya, pak… “

Urusan klaim memang gak pakai ribet. Cukup menelepon ke layanan 24 jam, nanti dibantu penyelesaiannya lebih lanjut. Dan ternyata bengkel rekanan garda Oto pun tersebar luas. Mobil kami hanya perlu menginap satu malam untuk diperbaiki bagian yang rusak karena tertabrak truk kemarin.

Ya, sekarang hidup lebih tenang dan nyaman bersama Garda Oto. Don’t worry, be happy!

*Tulisan ini jadi pemenang ketiga lomba #ngaBLOGburit yang diadakan oleh Blogdetik, dengan tema Insurance is a Lifestyle (21 Juli 2014). Tulisan asli bisa dilihat di sini.

3 thoughts on “Hidup lebih tenang dan nyaman dengan Asuransi

  1. Garda Oto

    Setuju bang orin Supriatna. dengan pendapatnya. dengan asuransi kita lebih nyaman. sehingga bertambah nyaman dalam berkendara.

  2. Asuransi Mobil

    Wah bener tuh kecelakaan adalah salah satu musibah yang kita tidak tahu kapan itu terjadi & kepada siapa akan menimpa. Untuk membentengi kita dari resiko kecelakaan tersebut hanya mengasuransikan kendaraan kita. Biar lebih aman dan nyaman. ingat kata pak teguh. Asuransi adalah uang kecil membeli uang besar, apabila anda tidak membeli uang besar maka siap2 lah anda mengeluarkan uang yang sangat besar, Salam Prayoga.

Leave a Reply