Commercial Area/Ruko/Rukan, Pilihan Investasi Menjanjikan

Seperti biasa, di penghujung minggu saya dan suami duduk-duduk di teras, menikmati pemandangan berupa lalu lalang kendaraan yang melewati jalan di depan rumah kami.

Mah, tahun depan kita renovasi rumah ya?“, ujar suami membuka perbincangan sore itu.

Heh? Emang apanya lagi yang mau direnov?“, tanya saya yang kebingungan dengan keinginan suami. Bukan apa-apa, soalnya baru hitungan bulan kemarin kami juga baru merenovasi bagian depan rumah.

Pengen bikin ruko!”, jawab suami santai.

Mau jualan apa?“, saya kembali mengernyitkan dahi karena bingung dengan usaha apa yang akan kami jalani nanti seandainya kami memiliki ruko.

Ah, ya kalau udah jadi ruko mah, mau usaha apa aja boleh. Sayang nih, rumah kita kan di pinggir jalan hidup. Percaya deh, nanti juga gak bakal ada rumah di pinggir jalan ini, jadi ruko semua

Terus, ini kolam gimana nasibnya?”, tanya saya sambil memandangi kolam di teras. Renovasi yang kami lakukan kemarin memang atas keinginan suami, membuat tempat bersantai seperti sekarang ini dengan kolam ikan di teras.

Gampang, pindahin aja ke belakang atau ke samping. Yang penting bagian depan rumah ini jadi ruko“, suami tetap keukeuh dengan keinginannya.

Continue Reading

Tabungan Properti dari PLI, Untuk Masa Depan Yang Pasti

“Atap aja kalau bocor pasti nyebelin. Ini tabungan! Uang yang susah payah kita kumpulin… Eeeeeh, ikut-ikutan bocor. Uh, nyebelin banget!!!”

Sebenarnya ini alasan saya yang agak dibuat-buat, kenapa akhirnya saya (dan mungkin juga sebagian orang yang lain) tidak mau menabung. Kenapa? Soalnya seringkali uang tabungan saya di bank yang tidak seberapa itu malah berkurang karena adanya biaya administrasi.

bukutabMemang sih, biaya administrasinya jauh lebih kecil kalau dibandingkan dengan bunga yang diperoleh dari bank. Tapi semakin besar uang yang kita tabung, tentunya biaya administrasi yang dipotong dari tabungan juga semakin besar. Buat saya yang perhitungan banget, bukankah lebih baik dan lebih menguntungkan kalau saja uang saya tetap bertambah dan tidak ada yang namanya biaya administrasi? Belum lagi, sebetulnya suku bunga tabungan itu kecil. Untuk tabungan dengan besar > = Rp 1 juta sampai Rp 50 juta, tabungan kita hanya mendapatkan suku bunga 0,9 (% pa).

Selain soal potongan biaya administrasi, saya juga punya masalah lain dengan tabungan. Sudah bukan rahasia lagi kalau banyak orang yang mengeluh karena kesulitan menabung, padahal penghasilan mereka lebih dari cukup. Nah, saya sendiri seringkali mengalami ini. Merasa punya uang lebih dan belum ada keperluan penting saat ini, akhirnya uangnya malah saya tabungkan di mall. Eh, ini sih shopping, bukan nabung hahaha

Continue Reading

Indigo @ Bekasi Apartment, Investasi Ideal dengan Keuntungan Optimal

Siang itu mobil kami terhenti di lampu merah Pasteur, antriannya cukup panjang. Padahal tempat yang kami tuju hanya tinggal beberapa meter lagi. Maklum saja, ini hari Sabtu dan Pasteur adalah salah satu gerbang masuk bagi para pelancong yang hendak menghabiskan weekendnya di Bandung.

Punten, Bu!”, jendela mobil diketuk seorang bapak sambil menyodorkan 2 lembar brosur.

Gak enak juga kalau ditolak, toh bapak itu juga kerja, bukan mengemis. Saya buka jendela mobil, lalu menerima brosur yang disodorkan bapak itu.

Nuhun, Pak!”

Continue Reading

Prioritas Land Indonesia, Investasi Hidup yang Sangat Berharga

Berinvestasilah mulai dari sekarang! Karena investasi akan meningkatkan kemampuan sukses di masa depan”, demikian pesan para ekonom yang sering kita dengar.

Keuntungan Investasi
Keuntungan Investasi
Apa itu Investasi?

Investasi adalah mengeluarkan sejumlah uang atau menyimpan uang pada sesuatu dengan harapan suatu saat mendapat keuntungan finansial. Investasi sering juga disebut penanaman modal atau pembentukan modal. Dengan memilih jenis investasi yang tepat, maka jumlah pemasukan akan bertambah, dan nilai kekayaan kita akan meningkat. Sebelum memutuskan untuk berinvestasi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu:

  • Kondisi keuangan saat ini
  • Profil risiko dan pilihan jenis investasi
  • Jangka waktu investasi
  • Memahami cara kerja investasi
Continue Reading

Majestic Water Village, Pesona Kemegahan Kampung Air

Seperti yang telah dibahas sebelumnya di sini, investasi yang paling aman dan menguntungkan dibanding investasi di bidang lain adalah investasi properti. Berbicara lebih jauh tentang investasi properti, Bali merupakan salah satu wilayah dengan pertumbuhan harga tanah tercepat. Berdasarkan hasil riset Lembaga riset dan konsultan properti, Knight Frank Indonesia dan Elite Havens, pada 2011, harga tanah kavling di lokasi-lokasi strategis di Bali mencatat rekor tertinggi. Pertumbuhannya rata-rata 34 persen dibanding rata-rata kenaikan normal per tahun dalam 10 tahun terakhir (sebesar 8 hingga 16 persen). Lonjakan harga tanah di Bali itu disebabkan tingginya kebutuhan tanah bagi pembangunan sejumlah proyek properti.

Pembangunan Majestic Water Village
Pembangunan Majestic Water Village di Uluwatu, Bali

Hasil riset Knight Frank Indonesia juga menunjukkan penyerapan kondotel di Bali hingga semester I-2011 sudah 95% atau sekitar 2.578 unit. Nusa Dua dinilai sebagai daerah yang memiliki penyerapan tertinggi yakni 99,8%, disusul Kuta (95,7%), dan Uluwatu (89,8%) (Sumber: Knight Frank Indonesia)

Continue Reading