Kenapa harus ASUS? Pengalaman Seru dengan Windows 10 Fall Creator Update jawabannya.

Kemarin di WAG yang saya ikuti ramai sekali dengan semacam debat mengenai laptop apa yang sebaiknya dibeli?

Bisa dibilang sekarang ini yang namanya laptop sudah menjadi kebutuhan yang sangat penting. Bukan hanya kaum profesional saja yang membutuhkan laptop dengan performa yang tinggi. Tapi emak-emak semacam saya pun dituntut menyelesaikan pekerjaan di mana dan kapan saja pun perlu laptop yang mumpuni. Apalagi saat dikejar-kejar deadline.

Nah, kalau sudah begini tentu saja saya ingin punya laptop yang benar-benar bisa diandalkan untuk menunjang berbagai macam tugas dan pekerjaan.

Hmmm… kalau kata seorang teman di grup sih, beli laptop ini bukan beli kacang yang gampang begitu saja. Bahkan mungkin kalau dibandingkan dengan beli smartphone ada banyak pertimbangan sebelum membeli laptop.

Memangnya apa saja yang harus dipertimbangkan saat memilih sebuah laptop?

1. Desain Laptop

Desain laptop ini jadi urutan yang pertama. Karena kalau tampilannya gak menarik, ya mana betah dilihat lama-lama.

Model laptop jaman sekarang sudah beragam. Mulai dari yang desainnya tipis, sampai model 2-in-1 yang bisa dilepas-pasang keyboard-nya. Tak hanya desain yang menarik, ketahanan laptop pun harus diperhatikan, terutama bagian engsel 360 derajatnya.

Percaya gak… kalau saya punya laptop ASUS A6J yang umurnya sama dengan Ceuceu yang duduk di kelas VII SMP dan sampai saat ini hanya rusak di bagian keyboard dan engselnya saja? Itu pun karena saya seringkali iseng membersihkan sendiri bagian keyboard dengan congkel-congkel pakai peniti hihi…

Sementara bagian engsel, baru patah di tahun 2014 alias ketika umur laptopnya sudah 10 tahun. Jadi, masih terbilang wajar karena sudah melebihi jatah umurnya.

Sebelum memutuskan untuk membeli laptop,  sebaiknya kita mencoba dulu demo unitnya. Pegang dan rasakan sendiri, apakah laptop tersebut punya desain yang solid atau rapuh. Apakah dapat bertahan jika terjatuh, apalagi jika tertarik Yang jelas, saya harus memastikan kalau laptop incaran saya ini benar-benar memiliki ketahanan yang baik.

2. Keyboard yang nyaman buat Chatting maupun Gamming

Karena waktu yang dihabiskan di depan laptop ini biasanya tidak sebentar, bahkan bisa berjam-jam (terutama saat dikejar deadline), maka ada hal lain yang lebih penting dari sekadar bentuk laptop yaitu kenyamanan keyboard-nya.

Salah satu kendala yang biasa dihadapi oleh notebook tipis dan ukurannya tidak terlalu lebar adalah jarak antar keyboard yang sempit dan kedalaman keyboard saat ditekan. Kalau kata orang Sunda mah padukdek hehe… dan seringkali membuat keyboard tidak nyaman digunakan. Bahkan saat mengetik pun bisa typo berkali-kali. Belum lagi keyboard yang terasa keras. Beberapa seri ASUS memiliki keyboard chiclet gaming yang didesain secara khusus dengan “red-backlit scissor – switch keys”.

img_20160920_154918

Gak cuma buat aktivitas mengetik, tapi bagi para gamers pun keyboard yang nyaman ini jadi salah satu pertimbangan penting. Saya memang hanya gamers abal-abal, tapi kemarin ketika menghadiri acara launching #CBNigitalNation, saya menyaksikan sendiri kalau para gamers ini begitu asyik dengan keyboardnya masing-masing. Wajar, sekarang gamers memang sudah menjadi profesi. Di acara GEX kemarin hadiah utamanya bahkan ke Manila. Keren ya.

Jadi gak salah lagi, keyboard memang salah satu yang harus dipertimbangkan saat membeli laptop.

3. Dukungan Fitur Keamanan Tambahan

Biasanya kita menyimpan data-data penting di laptop. Jadi mengamankan laptop hanya dengan password tentu saja tidak cukup aman. Karena pengamanan password bisa dengan mudah dijebol. Seperti yang dialami oleh kakak saya ketika kehilangan laptop dari mobilnya yang dibobol orang. Karena passwordnya juga mudah ditebak, maka data-data penting di laptop pun dengan mudah diakses si maling.

4. Beli Laptop Sesuai Kebutuhan

Yang ini juga gak kalah penting. Apakah hanya untuk browsing, membuka email, dan mengedit foto dengan Photoshop? Atau, untuk keperluan desain grafis, edit video, bahkan gaming? Tentu beda keperluan, beda juga spesifikasi yang dibutuhkan. Misalnya, jika kamu seorang gamers sejati, kamu bisa melirik laptop gaming ASUS ROG.

5. Spesifikasi Teknis yang Tepat

Kalau sudah tahu kebutuhannya seperti apa, maka langkah selanjutnya adalah memilih spesifikasi yang tepat. Misalnya, prosesor super cepat untuk encoding video, atau VGA khusus untuk game. Ya, kamu harus memilih spesifikasi laptop yang tepat. Pastikan juga kamu mendapatkan harddisk dengan kapasitas yang cukup besar untuk menampung semua data kamu. Sementara buat kamu yang sangat membutuhkan kecepatan, pastikan laptop memiliki solid state drive.

6. Portabilitas

Nah, buat kamu yang punya mobilitas tinggi dan harus membawa laptop ke mana pun kamu pergi, ukuran dan berat laptop harus diperhatikan. Hal ini tentu saja agar tidak merepotkan saat di perjalanan. Namun, pastikan desainnya solid dan tidak ringkih, mengingat harus dibawa ke mana-mana. Tapi jika laptop  jarang  dibawa kema-mana dan lebih banyak menggunakan laptop di kantor atau di rumah, bisa membeli laptop dengan ukuran layar yang lebih besar, misalnya 17 inci.

7. Daya Tahan Baterai

Kebanyakan laptop yang beredar saat ini tidak menawarkan daya tahan baterai yang cukup lama. Maksimal hanya sampai 6-8 jam. Nah, ketahanan baterai jelas menjadi prioritas utama juga buat orang yang harus membawa laptop kemana saja.

Ketahanan baterai ini memang sulit untuk diukur karena ditentukan oleh banyak faktor, terutama aplikasi yang dijalankan dan jenis prosesor yang digunakan. Jangan lupa melakukan perawatan baterai dengan baik untuk menjaga kualitas dan daya tahan baterai tetap awet.

8. Kualitas Layar

Yang harus diperhatikan mengenai kualitas layar antara lain jenis layar yang digunakan, resolusi layar, dan sudut pandang penglihatan layar. Sangat terlihat adanya perbedaan antara layar pada laptop mahal bila dibandingkan dengan layar pada laptop murah. Warna harus jelas dan monitor harus memiliki berbagai pengaturan brightness untuk menyesuaikan tampilan.

9. Peningkatan Kinerja

Performa laptop biasanya bakal menurun seiring dengan perjalanan waktu. Bagaimana jika kebutuhan kamu akan laptop tiba-tiba meningkat? Nah, kebanyakan laptop tidak akan bekerja dengan baik tanpa adanya upgrade. Biasanya vendor menyediakan kemampuan yang memungkinkan kamu dapat mengganti RAM dan mungkin harddrive. Jadi, cari tahu bagaimana kemampuan upgrade dari laptop dan apakah ada pembatalan garansi dengan melakukan upgrade tersebut.

10. Kelengkapan Konektivitas

Kelengkapan konektivitas juga tak kalah penting. Mulai dari USB, port ini sangat diperlukan karena kebanyakan dari perangkat pendukung lainnya seperti mouseflashdisk, modem, memory card dan lain sebagainya membutuhkan port USB untuk menyambungkan ke laptop. Jadi, pilihlah laptop yang memiliki port USB setidaknya 3 buah. Selain itu, port pendukung lain yang juga harus ada yakni port HDMI/VGAport LAN, dan juga WiFi.

11. Garansi dan Layanan Purna Jual

Garansi tentunya juga merupakan hal yang harus diperhatikan ketika ingin membeli laptop. Biasanya lamanya waktu garansi dapat menjadi acuan, apakah produk itu memiliki kualitas yang bagus atau tidak.

12. OS

OS ini jelas penting banget. Mau pakai Windows, Mac atau bahkan Linux? Semua balik lagi ke kebutuhannya masing-masing. Kalau bisa sih, sampai rumah gak usah repot-repot memikirkan lagi mau pakai. Apalagi kalau sampai galau pilih OS original atau bajakan… duh!

Pernah mengalami layar tiba-tiba menghitam atau muncul popup bertuliskan “You may be a victim of software counterfeiting”, dipadu dengan munculnya watermark “not genuine” di pojok kanan bawah?

Saya pernah. Karena memang pakai bajakan. Sejak itu saya memilih OS yang asli saja meski harus merogoh kocek lagi.

13. Budget

Ini nih.. yang penting banget. Punya budget berapa buat beli laptop?

Nah, poin-poin di atas jadi bahan diskusi seru antara member WAG kemarin.

Kemarin teman yang di grup punya budget di bawah 10 juta. Jadi disarankan untuk membeli ASUS VivoBook S510 dengan tabel spesifikasi berikut ini

Tabel Spesifikasi VivoBook S510

download

Kemudian seorang teman nyeletuk, kalau bisa jangan ASUS…

Lalu ditimpali oleh teman yang lain, memangnya kenapa harus selain ASUS??? Hayooo… ada yang bisa jawab?

Kenapa harus ASUS?

Ini salah satu alasan penting, kenapa harus memilih laptop ASUS selain beberapa alasan di atas yang memang sudah dipenuhi ASUS. Saat ini seluruh varian notebook ASUS yang akan datang sudah disertai dengan sistem operasi Windows 10, pada 23 November lalu.

image002

Jadi seluruh varian notebook ASUS, mulai dari notebook premium, ultrabook dan convertible, sampai ke notebook gaming, seluruhnya akan dilengkapi berbagai varian sistem operasi Windows 10. Tak lupa, notebook mainstream dan model terjangkau pun akan hadir dengan Windows 10.

“ASUS sudah lama menjadi partner Microsoft dalam menghadirkan pengalaman terbaik dari sisi hardware dan software. Dengan gembira kami mengumumkan bahwa produk terbaru ASUS yang masuk ke pasaran Indonesia kini seluruhnya dilengkapi Windows 10,” sebut Benjamin Yeh, Regional Director ASUS South East Asia. “Bersama, kita akan hadirkan pengalaman yang melebihi ekspektasi,” sebutnya.

“Microsoft yakin bahwa PC merupakan perangkat utama pendukun kreativitas dan bisa mendorong pengguna untuk menghasilkan karya yang lebih inovatif,” sebut Vlasta Berka, General Manager of Device Sales Microsoft Asia Pacific.

“Dengan hadirnya Windows 10 di seluruh notebook ASUS, pengguna bisa memanfaatkan seluruh kemampuan Windows 10 Fall Creators Update dan menikmati perlindungan terhadap ancaman software,” sebutnya.

Dengan tersedianya Windows 10 di seluruh notebook ASUS yang akan datang, akan membawa banyak manfaat bagi pengguna. Mulai dari penggunaan software asli, dukungan teknis penuh secara hardware (dari ASUS) dan secara software (dari Microsoft), mengurangi risiko keamanan jika menggunakan software bajakan karena terus mendapatkan update terhadap system operasi yang digunakan, serta mengurangi kerepotan harus menginstalasi OS terlebih dahulu saat baru membeli notebook serta tidak perlu menginstall ulang dari awal jika ada masalah dengan notebooknya. Cukup dengan me-reset OS saja.

Yang penting sih… bebas dari ancaman layar hitam dan pop up Not genuine… malu donk!

Pengalaman Seru dengan Windows 10 Fall Creator Update


IMG20171128165915

Safer and more secure

Pembaruan juga dilakukan pada fitur lainnya agar membuat pengalaman penggunaanya semakin baik. Pengguna tentu saja dapat menikmat fitur-fitur dan aplikasi andalan dari Microsoft yang memang sudah ada sebelumnya yakni Windows Hello dan Microsoft Edge. Pembaruan pada browser Microsoft Edge juga membuatnya semakin nyaman dan cepat ketika digunakan.

Windows 10 juga merupakan sistem operasi yang paling aman karena telah dilengkapi dengan anti virus terbaik buatan Microsoft yakni Windows Defender secara bawaan. Tidak hanya itu, OS ini juga selalu menawarkan update rutin secara terus menerus untuk melindungi pemakainya dari bermacam serangan seperti malware, virus, spyware yang terdapat di email, aplikasi, cloud, atau dari langsung dari sebuah website.

Pada sistem operasi Windows 10, ada salah satu fitur canggih terbaru, yaitu Windows Hello, yang mengunakan otentikasi biometrik berupa identifikasi wajah, sidik jari serta iris mata untuk menggantikan password. Windows Hello ini dipastikan lebih aman karena tak hanya membutuhkan software, laptop ini juga membutuhkan dukungan hardware khusus, seperti kamera RealSense 3D dan sensor inframerah sehingga tidak akan bisa dijebol.

More Productive, more creative

Windows Inking

Pada Windows 10 Fall Creator Update ada Windows Ink yang memungkinkan pengguna untuk langsung menuliskan idenya ketika terbersit ke dalam benak secara tiba-tiba, sangat membantu seorang kreator untuk menuangkan imajinasinya saat sedang liar. Windows Inking ini akan timal ketika menggunakan device yang mendukung.

Photo Remix

Fitur lain yang tak kalah menarik dari Windows 10 Fall Creators Update adalah Windows Story Remix. Story Remix ini boleh dianggap sebagai penerus Windows Movie Maker, hanya saja dengan campur tangan artificial intelligence (AI).

Cara menggunakannya pun sederhana: cukup pilih foto beserta klip video yang diinginkan – tambahkan musik sekalian kalau perlu – maka Story Remix yang akan mengerjakan sisanya dan membuatkan video finalnya.

Asyiknya kita juga bisa bebas memilih siapa yang pantas menjadi bintang dalam video finalnya, dan karena semua foto beserta video sudah di-tag. Jadi kita bisa melakukan pencarian orang atau objek dengan mudah.

Adegan CGI seperti ini bisa Anda buat dengan Windows Story Remix tanpa perlu melibatkan green screen / Microsoft
Tinggal tap tap gitu saja sudah jadi… cocok banget buat blogger yang ingin mendadak jadi vlogger tanpa perlu repot-repot remix dan compile foto maupun video, kemudian atur efek dan bingung pilih musik seperti saya haha

Mixed Realility + Paint 3D + Power Point
Pada Windows 10 Fall Creators Update, aplikasi Paint ditingkatkan kemampuannya menjadi fitur 3D dan dibuat menjadi lebih nyata dengan Mixed Reality.

Tadi ketika demo, Mas Advent menggambar seekor kuda yang bisa dengan mudah dibuat 3D.

Pernah suatu hari tiba-tiba saja gitu ceuceu bilang mau pinjem laptop dan gak boleh diganggu gugat. Oke lah.. berarti ada sesuatu yang penting.

Dan inilah hasil dari sesuatu yang penting itu…

IMG-20171128-WA0034

Iya, ini hasil menggambar Ceuceu dengan menggunakan Paint. Kebayang ya kalau gambar di atas dibuat versi 3D nya. Makin keren pastinya.

More Personal

Ketika pengguna tetap konsisten untuk terus memperbarui sistem operasinya, mereka akan terus mendapatkan fitur-fitur terbaru dan perlindungan keamanan (security system), untuk memastikan para Anda akan terus terlindungi. Dengan Windows asli tentunya, Anda akan mendapatkan pengalaman terbaik yang pada pada Windows 10. Update akan dilakukan secara otomatis dan gratis. Adapun dukungan teknis dari Microsoft akan tersedia selama 24 jam non stop via telepon, live chat ataupun layanan dukungan lainnya.

Teknologi ASUS untuk Melengkapi Pengalaman Windows 10

Dengan hadirnya sistem operasi Windows 10 pada seluruh tipe notebook yang disediakan, pengguna bisa langsung memanfaatkan teknologi ekslusif ASUS. Beberapa di antaranya misalnya ASUS Splendid, ASUS SonicMaster dan ASUS Battery Health Charging.

ASUS Splendid Technology menggunakan kombinasi pengaturan software dan juga kurva gamma preset pabrik serta color-temperature correction untuk menghadirkan visual yang menakjubkan pada layar, warna-warna yang akurat dan konsisten.

Untuk ASUS SonicMaster, sejumlah pakar dari tim ASUS Golden Ear bekerjasama dengan perusahaan teknologi yang bergerak di bidang audio untuk mengembangkannya. Perangkat keras audio yang tertanam di notebook serta software yang tersedia, dimodifikasi dan dioptimalkan untuk memenuhi karakteristik setiap pengguna notebook ASUS termasuk ROG demi memastikan audio yang dahsyat.

Tools ASUS Battery Health Charging merupakan teknologi yang memungkinkan pengguna untuk mengatur kapasitas charging maksimal baterai penggunanya hingga 60% atau 80% untuk memperpanjang umur baterai tersebut dan mengurangi kemungkinan menggembung-nya baterai.

Terakhir…  lamanya waktu garansi dapat menjadi acuan, apakah produk itu memiliki kualitas yang bagus atau tidak. Misalnya laptop ASUS yang berani memberikan garansi sampai dengan 2 tahun. Jangan lupa cari informasi mengenai ketersediaan service center terutama di kota kita untuk mempermudah siapa tau ke depannya ada kendala atau kerusakan.

Jadi, udah gak bingung lagi kan… kenapa harus ASUS?

oRiN

oRiN, emak 3 anak, bloggergoler.

Leave a Reply

Your email address will not be published.