Pertolongan Pertama untuk Luka Bakar

By | August 23, 2017

Hampir sebagian besar orang pernah mengalami luka bakar, mungkin luka bakar karena setrikaan ataupun terciprat minyak yang panas. Walaupun tidak berbahaya, luka bakar yang ringan pun dapat meninggalkan bekas luka. Pertolongan pertama yang dapat dilakukan pada luka bakar, dengan membedakan jenis luka bakar terlebih dahulu yaitu, luka bakar ringan, luka bakar sedang, dan luka bakar berat. Pertolongan pertama pada luka bakar ringan, sedang, dan berat harus diketahui agar tidak salah dalam menangani. Luka bakar tidak hanya disebabkan karena api saja, tetapi juga bisa karena cairan kimia, dan minyak atau air panas.

  1. Luka Bakar ringan

Luka bakar ringan biasanya ditandai dengan bekas merah pada kulit. Biasanya, luka tersebut akan mengembang atau membengkak. Kulit bagian yang terkena luka bakar biasanya akan mengelupas pada hari pertama atau kedua. Dalam waktu 3-7 hari luka tersebut pasti akan sembuh. Walaupun luka bakar ringan dan dapat pulih seperti semula, luka tersebut harus tetap diperhatikan dan ditangani dengan tepat agar sembuh total dengan cara:

  • Rendam bagian yang terkena luka bakar dalam air dingin sekitar 10 menit. Hal ini berfungsi untuk mengurangi pembengkakan ketika kulit terkena suhu yang panas.
  • Gunakan gel lidah buaya atau krim khusus untuk membuat luka bakar menjadi dingin.
  • Tutuplah luka bakar tersebut dengan menggunakan perban yang kering dan bersih agar tidak bertambah parah.
  • Berikan obat pereda nyeri jika luka bakar terasa sakit yang menyebabkan tidak bisa beristirahat.
luka bakar ketika

luka bakar ketika tak sengaja terkena wajan panas kemarinĀ 

  1. Luka Bakar Sedang

Luka bakar sedang akan terasa lebih sakit daripada luka bakar ringan. Pada luka bakar sedang biasanya bagian kulit akan melepuh dan kulit disekitarnya terasa sensitif. Bagian kulit yang terbakar biasanya akan membengkak dan membekas pada kulit. Luka bakar sedang membutuhkan waktu penyembuhan sekitar 2-4 minggu, luka bakar ringan dapat ditangani dengan cara:

  • Rendam luka bakar pada air dingin sekitar 20 menit.
  • Agar luka tidak infeksi, akan lebih baik jika diperban tetapi jangan terlalu kencang agar tidak menjadi semakin parah.
  • Untuk menjaga kebersihannya dan menghindari infeksi, ganti perban setiap hari.
  • Tanda luka bakar akan segera sembuh yaitu luka bakar akan terasa gatal. Tetapi jangan menggaruknnya karena akan membuatnya infeksi.

  1. Luka Bakar Berat

Luka bakar berat adalah luka bakar yang menyebabkan kerusakan pada beberapa lapisan kulit. Kerusakan ini akan menyebabkan sakit yang luar biasa dan juga bisa merusak syaraf dibawah kulit. Kerusakan tersebut membutuhkan operasi atau rekonstruksi dari dokter ahli. Luka bakar berat memerlukan waktu penyembuhan yang lama, luka bakar berat dapat ditangani dengan cara:

  • Luka bakar berat tidak bisa diberi pertolongan secara umum, hal yang harus dilakukan adalah agar luka bakar tidak semakin parah.
  • Segera bawa korban kerumah sakit.
  • Jangan melepas benda apapun yang menempel pada bagian luka bakar.
  • Jangan menerapkan pertolongan pertama pada luka bakar ringan dan sedang untuk luka bakar yang berat.

One thought on “Pertolongan Pertama untuk Luka Bakar

Leave a Reply