Cara Cek Kiriman POS Indonesia

By | April 28, 2017

Pernah belanja online? Saya sih sering. Saya masih ingat momen pertama kali berbelanja online. Rasanya? Deg-degan. Yang paling deg-degan sih menunggu kiriman datang.

Soalnya kan biasa belanja offline, begitu bayar, barang langsung berpindah tangan dari penjual ke pembeli. Ini belanja online, harus menunggu beberapa hari setelah barang sudah kita bayar. Deg-degan, takutnya malah kena penipuan.

Hampir tiap hari saya kirim pesan ke penjual, menanyakan nasib barang yang gak kunjung datang sampai hari kedua. Untungnya penjualnya sabar. Penjual memberi saya nomer resi pengiriman agar saya bisa melacak sendiri barangnya sudah sampai mana. 

Nah, begitu saya terima nomer resi, hampir tiap jam saya periksa statusnya hihihi… Sampai keesokan paginya, ada SMS dari petugas POS.

Bu Rinrin, ini ada paket kiriman buat ibu. Rumah ibu sebelah mana ya?

Alhamdulillah, akhirnya barang orderan pertama dari toko online sampai juga ke tangan saya dengan selamat.

Padahal sih, gak perlu repot-repot cek kiriman tiap jam. Cukup dilihat aja statusnya di web POS Indonesia. Begini cara melacak kiriman POS Indonesia

  1. Masuk ke halaman lacak kiriman POS Indonesia.

SS 2017-04-28 at 1.10.58 PM

 

2. Pilih jenis pencarian, Kiriman Umum (Default), Kiriman Korporat/Mitra, atau Kiriman WeselPOS

3. Selanjutnya masukkan No Resi dan salin Kode Keamanan. Akan muncul hasil seperti di bawah ini.

Jika hasil lacak kiriman POS menunjukkan status ANTAR ULANG, artinya paket sudah diantar tapi tempat tujuan belum ditemukan sesuai keterangan. Biasanya petugas POS akan mengantar ulang paket atau menghubungi penerima paket agar paket diambil di kantor POS.

Jika hasil lacak kiriman pos menunjukkan status ANTARAN, artinya paket sudah sampai kota tujuan dan sedang dalam proses antaran ke alamat.

Jika hasil lacak kiriman pos seperti di atas, di mana kolom status dan keterangan masih kosong, artinya paket masih dalam perjalanan ke kota tujuan. Adapun Lokasi “Munggur” menunjukkan bahwa posisi paket terahir yang tercatat di POS Indonesia.

Jika hasil lacak kiriman pos menunjukkan status ORANG SERUMAH (atau keterangan penerima lain), artinya paket sudah sampai dan diterima oleh orang satu rumah yang bernama Priyanto.

Nah, begitu cara melacak kiriman lewat POS Indonesia.

One thought on “Cara Cek Kiriman POS Indonesia

  1. Lucky Caesar Direstiyani

    Pos skrng makiin baguss mbak yaa sistemnyaa. Trackingnyaa juga update terus. Jd skrng lbh sering kirim barang pakai pos apalagi kalau ke luar negeri. Biaya terjangkaau dan mudah dilacak pengirimanya makasih sharingnyaa mbak alvinna. Salam kenaaal yak

Leave a Reply