Tips mencuci piring dengan cepat dan bersih

Ibu-ibu kalau bangun tidur apa yang pertama kali dikerjakan? Cek hape? Itu sih saya. Kalau sudah selesai cek hape sampai berjam-jam yang mana tentu saja dikerjakan sambil tetap tiduran di kasur, baru ke dapur… cek piring dan gelas kotor yang menumpuk di wastafel.

images (1)
Sumpah, ini bukan wastafel saya haha (Sumber: http://news.viva.co.id/malesbanget/read/8-hal-yang-sering-kamu-rasain-tiap-tanggal-1-januari-abis-malam-tahun-baruan)

Dipuas-puasin dulu cek hape, soalnya kalau sedang cuci piring gak bisa donk pegang hape. Gak bisa buru-buru juga cuci piringnya, soalnya takut piring atau gelas yang dicuci tergelincir dan pecah. Hiyyy… saya masih trauma tuh sama beling.

(Baca: Tragedi Pecahan Gelas, #bungkusrapisampahbelingmu)

Saya perlu waktu yang santai untuk mencuci piring. Apalagi kalau piring kotornya banyak bekas minyak atau santan. Euh, makin lama deh nyucinya. Takutnya gak bersih kan ya.

Tapi hidup kan bukan hanya soal cuci piring. Masih banyak hal lain yang harus saya kerjakan di pagi hari. Selesai cuci piring saya masih harus menyiapkan sarapan untuk anak-anak, yang berarti membuat tumpukan piring dan gelas kotor yang baru, kemudian antar anak sekolah, menyiapkan baju kerja suami, beres-beres rumah yang kenyataannya sih gak beres-beres, ke pasar, dan lain-lain, dan lain-lain. Huffffttt… begitulah pekerjaan ibu-ibu. Gak ada matinya haha

Saya jadi ingat beberapa tips yang Nene lakukan kalau mencuci piring. Nene tuh kalau cuci piring cepat banget deh. Tumpukan piring dan gelas kotor bisa selesai dalam waktu kurang dari setengah jam. Jadi waktunya bisa digunakan untuk mengerjakan hal lain.

Nah, saya perlu juga nih cara mencuci piring dengan cepat dan bersih agar waktu pegang hape semakin banyak. Eh, lho???

Berikut tips yang Nene lakukan ketika mencuci piring agar selesai dengan cepat dan tetap bersih

  1. Sediakan wadah/saringan untuk menampung sisa makanan yang menempel pada piring atau peralatan makan dan masak lainnya.
  2. Pisahkan perabotan yang akan dicuci, jangan ditumpuk begitu saja. Misal gelas ditumpuk dengan gelas, piring dengan piring, sendok dan garpu di satu wadah.
  3. Sediakan air panas untuk merendam peralatan yang berminyak dan berbau amis.
  4. Cuci gelas dan peralatan minum terlebih dahulu agar tidak tidak tercampur dengan perabotan yang berminyak dan berbau amis.
  5. Selanjutnya cuci peralatan makan seperti piring dan sendok garpu.
  6. Peralatan masak seperti panci atau wajan dicuci belakangan.
  7. Gunakan spons pencuci piring yang tepat. Spons yang nyaman dipakai mempengaruhi kinerja kita saat mencuci piring.
  8. Sabun cuci piring yang tepat juga membantu mempercepat proses mencuci piring.

Nah, dari sekian tips di atas, ada tips penting yang terlewatkan dan seringkali malas saya lakukan. Ada yang bisa menebak apa tipsnya? Jangan menumpuk piring kotor sampai memenuhi tempat cuci piring stainless. Sebaiknya sih meski baru satu atau dua piring/gelas kotor di wastafel langsung dicuci. Jadi gak bakal deh berlama-lama mencuci piring di dapur.

3 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published.