Memilih Posisi Unit Apartemen Terbaik

Bagi kehidupan di apartemen, memilih posisi atau letak hunian tentu sangatlah penting. Apartemen dengan lantai yang tinggi dan memiliki pemandangan yang betik tentunya akan memiliki harga yang berbeda. Artinya, semakin baik pemandangan yang dinikmati mata, maka semakin tinggi pula harga apartemen tersebut baik untuk jual maupun sewa apartemen.

memilih apartemen

Untuk itulah, para calon pembeli atau investor akan mempertimbangkan dengan baik posisi apartemennya, guna mendapatkan harga bersaing. Karena terdapat keuntungan dan kerugian dari posisi dan letak apartemen, ada baiknya Anda menyimak beberapa hal berikut sebelum menentukan membeli apartemen.

Posisi lantai

Bagi mereka yang mendambakan pemandangan indah, akan lebih baik jika memilih apartemen yang memiliki posisi di lantai delapan ke atas. Lantai atas tentunya akan menawarkan pemandangan horizon yang indah.

Beberapa apartemen di kota besar akan memberikan pemandangan menakjubkan lanskap kota dan langit biru. Untuk mendapatkan pemandangan dan fasilitas seperti ini, biasanya akan diberikan biaya tambahan bagi kamar atau apartemen ini.

Tidak hanya pemandangan yang indah, posisi apartemen yang tinggi juga semakin mengurangi tingkat kebisingan. Selain itu juga relatif lebih aman dari aksi pencurian walau pun hal ini memang tidak menjadi jaminan.

Namun, posisi di atas juga memiliki kekurangan. Lantai atas mengakibatkan penghuni akan kesulitan untuk membawa berbagai furnitur ke dalam unitnya. Tidak hanya itu, membutuhkan waktu yang lebih panjang untuk memulai aktivitas di luar apartemen seperti menunggu lift dan lainnya.

Masalah keamanan juga menjadi perhatian karena dalam keadaan darurat seperti gempa, kebakaran, dan lainnya akan sulit bagi penghuni untuk segera menyelamatkan diri.

Sebaliknya, apartemen yang terletak di lantai 8 ke bawah bukan tidak memiliki keunggulan. Walau berada di bawah, unit apartemen juga bisa mendapatkan pemandangan yang indah. Salah satunya adalah dengan mendapatkan pemandangan taman atau kolam renang.

Unit di lantai bawah biasanya dipilih karena posisi yang dekat dengan lantai dasar sehingga memudahkan mereka yang masih memiliki anak kecil, atau orang lanjut usia. Selain itu juga dapat mempermudah membawa furnitur ke dalam unit.

Yang perlu diperhatikan ketika memilih apartemen di lantai bawah adalah tidak terletak di dekat pintu masuk bangunan, tangga darurat, sarana umum seperti gym dan lift agar meminimalisasi kebisingan.

Arah Hadap

Tidak hanya posisi, menentukan arah hadap juga sangat penting dalam memilih unit apartemen. Arah hadap menjadi penting karena tiap unit apartemen pasti memiliki pemandangan yang berbeda-beda.

Sebaiknya pilihlah pemandangan yang memang membuat Anda nyaman. Apakah itu menghadap ke pemandangan kota, taman, atau kolam renang apartemen. Biasanya, semakin indah pemandangannya, maka akan semakin mahal pula harganya.

Perhatikan juga masalah kesehatan dengan melihat arah masuknya sinar matahari di dalam apartemen. Selain itu, yang terpenting adalah menyesuaikan dengan kondisi keuangan Anda.

oRiN

oRiN, emak 3 anak, bloggergoler.

Leave a Reply

Your email address will not be published.