Mengatasi Failed To Detect Location di Pokémon Go

By | July 14, 2016

Mengatasi Failed To Detect Location di Pokémon Go – Demam Pokémon Go akhirnya mampir juga ke rumah. Hampir semua media, termasuk media sosial dipenuhi berita game pokemon go okezone.

Jauh sebelum muncul Pokémon Go, Ceuceu, Teteh dan Ade suka main Onet. Game yang juga digandrungi Nenenya anak-anak. Tiap kali main ke rumah Nene juga Ceuceu anteng di warung, main Onet versi desktop. Ya, gimana lagi… saya dan anak-anak memang sama-sama suka main game. Jangankan saya, Nene aja kan suka main game hihi

Di grup yang saya ikuti juga ada pro kontra Pokémon Go ini. Terutama setelah merebak berita mengenai kecelakaan yang dipicu oleh Pokémon Go. Meskipun ternyata berita tersebut terbukti hanya hoax. Sayangnya yang sudah menyebarkan berita hoax tentang Pokémon ini sepertinya enggan meralat dan mengklarifikasi berita yang sudah tersebar dengan luas. Tipikal penyebar berita hoax banget lah. Makanya kita mesti cermat menyaring berita game pokemon go okezone sebelum menyebarkan ke orang lain.

Buat saya sendiri, asal tahu batasan-batasannya dan mematuhi aturan mainnya dengan baik sih gak masalah. Seringkali saya juga dibuat rempong karena harus menelusuri jejak anak-anak satu per satu. Mau gak mau juga saya berdiskusi dengan anak-anak tentang game yang mereka mainkan. Tapi ya itulah risiko karena saya sudah mengijinkan anak-anak main game.

Btw, karena sekarang Ceuceu sudah kelas 6, jadi jam main gamenya dikurangi sedikit demi sedikit. Maklum, mau UN… Sebagai bentuk solidaritas, bukan hanya Ceuceu yang dikurangi jam mainnya, tapi Teteh dan Ade juga… termasuk emaknya. Aduh, mudah-mudahan sih saya kuat ya hahaha

Pokémon Go ini berbeda dengan game lain, karena memerlukan aktivitas dari penggunanya. Kalau cuma diam di tempat sih, mana bisa dapet Pokémon. Tapi karena terkendala kuota, terpaksa saya mencari cara untuk mendapatkan Pokémon tanpa harus meninggalkan kasur.

Caranya? Instal Fake GPS. Terus, berhasil? Gak juga sih. Gak tau kenapa. Tadinya saya pikir karena masalah wifi. Sehari-hari memang hanya pakai wifi. Ya sudah, uninstal saja dulu. Fake GPS yang sudah diinstal lewat root ini kemudian saya hapus kembali. Lagipula, kalau pakai Fake GPS… Pokémon Go-nya jadi gak seru haha

Masalahnya, setelah uninstal Fake GPS ini ternyata GPS di Pokémon Go jadi tidak terdeteksi. Ada tulisan Failed to detect location. Duh… kenapa ya?

Failed to detect location Pokemon Go

Failed to detect location Pokemon Go

Suami bilang kalau sudah pernah instal Fake GPS, Pokémon Go-nya harus di clear cache. Saya ikuti langkah tersebut. Caranya

  • Buka Settings, pilih Aplication
  • PilihPokémon Go dan Clear Cache

Berhasil? Ternyata belum. Bahkan sampai saya ganti ke akun punya Ceuceu, masih saja ada tulisan Failed to Detect Location di Pokémon Go. Padahal settingan GPS juga sudah di mode High Accuracy.

Saya ingat-ingat lagi proses instal Fake GPS kemarin. Ah, ya… ada yang terlewat rupanya… Mock Locations lupa saya matikan kembali.

Caranya

  • Buka Settings, pilih Developer Options

Failed to detect location Pokemon Go

  • Hapus tanda centang Allow Mock Locations

Failed to detect location Pokemon Go

Nah, sekarang sudah berhasil. GPS di Pokémon Go sudah kembali normal. Tinggal cariPokémon. Tapi kan pakai wifi mah gak dapet banyak. Di rumah cuma ada Bulbasaur, Charmander dan Squirtle (tigaPokémon starter). Terpaksa, modal kuota dulu.

Dan… perburuan Pokémon pun dimulai.

Sambil mengajak anak-anak jalan-jalan malam, kami berempat menuju Alun-alun. Kenapa Alun-alun? Karena dari Pokestop terdekat, terlihat gambar pagar Alun-alun Sagalaherang hihi…

Failed to detect location Pokemon Go

Pokestop

Tips bagi pengguna Pokémon gak perlu terus-terusan melihat handphone. Karena setiap Pokémon yang terdeteksi, akan menunjukkan jaraknya dari kita. Kebetulan, semua Pokémon yang terdeteksi dari rumah jauh-jauh. Pokémon terdekatnya hanya ada dua, itu pun jaraknya sampai 3 stepfoots, yang artinya minimal 300 meter dari rumah. Nah, olahraga banget kan nih ngejar Pokemon haha

Failed to detect location Pokemon Go

Semakin dekat jarak kita dengan Pokémon, stepfoots ini akan berkurang. Dan kalau sudah benar-benar ada di dekat kita, akan ada notifikasi pada handphone. Jadi, gak perlu lah sampai hilang konsentrasi karena mengejar Pokémon.

Nah, ini ada Pokémon nih di depan Ceuceu… saya parkir motor dulu ya.

Failed to detect location Pokemon Go

Ada Zubat!

Ayo, lempar Zubatnya pakai PokeBall

Ayo, lempar Zubatnya pakai PokeBall

Sampai ketemu di tip Pokémon Go berikutnya hehehe

7 thoughts on “Mengatasi Failed To Detect Location di Pokémon Go

  1. Ruffie Lucretia

    Ceceuuuu… aku lagi nge draft pokego. Ehh ceceu udah posting duluan. Wkwkwkk..
    Yauda noted aku kasih tau cara ubah fake gps biar sukses yaaa… cikidappp

  2. Yono Petani

    duh koment saya kemana tadi coba … saya cuma manggut – manggut aja la wong ponsel saya belum mendukung pokemon go 🙂

Leave a Reply