Berburu Emas di The Gold Hunter de’Ranch Lembang

By | June 14, 2016

Ade mau ambil emas! Mau ke Gold Hunt“, rengek Ade hampir setiap pagi beberapa hari ini.

Ini artinya Ade minta saya membawa Ade piknik ke de’Ranch Lembang. Bukan hanya Ade yang mau, tapi Ceuceu dan Teteh juga. Hanya saja Ceuceu dan Teteh mah suka pura-pura gak mau. Pas diajak… beuh… sampai gak mau pulang tuh :))

Salah satu tempat berlibur favorit anak-anak saya adalah de’Ranch. Lokasinya yang tidak terlalu jauh dari rumah, ditambah tiket yang murah meriah, membuat anak-anak betah bermain seharian di de’Ranch.

de’Ranch memang menawarkan suasana berbeda dari tempat wisata lain yang ada di sekitar Lembang.

Udara yang sejuk, hamparan rumput yang luas dengan latar belakang pegunungan, ditambah peternakan ala koboi merupakan keunikan tersendiri yang dimiliki oleh de’Ranch. Dilengkapi dengan aneka wahana permainan anak, beragam kuliner, pusat oleh-oleh, tempat parkir yang luas membuat deRanch cocok dijadikan tempat wisata keluarga. Bahkan sekedar tiduran di atas hamparan rumput yang hijau juga asyik…

578045_823548157774667_8878111374974347933_n

Tak hanya ramai dikunjungi warga Bandung dan sekitarnya,de’Ranch juga jadi destinasi wisata favorit bagi wisatawan dari luar kota Bandung, terutama di akhir pekan. Nah, kalau dari luar kota seperti ini sih enaknya sekalian saja cari penginapan murah di Bandung.

Ada apa saja di deRanch?

Pada dasarnya de’Ranch menawarkan konsep wisata kuda. Awalnya sih, de’Ranch yang berdiri di atas lahan seluas 5 hektar ini hanya merupakan peternakan kuda dan beberapa ekor sapi. Melihat potensi wisata yang ada, di tahun 2007 de’Ranch kemudian dikembangkan menjadi tempat wisata dengan konsep wisata kuda ala koboi yang menyenangkan dan edukatif.Iya, berada di deRanch memang membuat kita merasa jadi wisatawan ala koboi di Amerika. Dengan harga tiket masuk sebesar Rp. 10.000,- yang bisa ditukar dengan susu murni ala de’Ranch, kita bisa menikmati uniknya suasana deRanch.

Wahana permainan andalan di de’Ranch tentu saja berkuda. Kita bisa memilih mau berkuda ala Koboi atau ala Indian. Tentu saja lengkap dengan pakaian ala Koboi dan Indian (seperti rompi dan topi).

Kuda yang ada di de’Ranch ini kebanyakan berukuran besar. Maklum saja, tadinya juga kan deRanch ini tempat peternakan kuda impor. Tapi jangan takut, kuda yang bisa ditunggangi sudah jinak koq. Lagipula ada pendamping yang menemani kita selama berkeliling naik kuda. Berapa harga tiket untuk naik kuda ala Koboi/indian ini? Cukup bayar 25 ribu rupiah dan kita pun bisa mengelilingi de’Ranch yang luas ini sampai puas.

Atau mau berkeliling naik delman bersama keluarga? Tenang. Dengan membayar tiket sebesar 30 ribu rupiah, kita sudah bisa naik delman bertiga (berempat dengan kusir) mengelilingi de’Ranch sebanyak 1 putaran.

Kuda bukan satu-satunya objek wisata di de’Ranch. Ada juga wahana permainan untuk anak-anak maupun dewasa, seperti trampolin, sepeda, triker, fun boat, pony kidz, mancing-mancingan sampai mancing betulan, dan lain-lain. Bahkan ada juga peternakan sapi dimana anak-anak bisa melihat cara memeras susu sapi.

Tapi yang paling seru bagi anak-anak saya sih berburu emas di wahana permainan yang disebut The Gold Hunter. Buat anak-anak mah gak main di wahana lain gak apa-apa, yang penting bisa nambang emas. Eh, lho… emas betulan nih? Asyik donk… bisa dikilo haha

Sayangnya yang ditambang di sini bukan emas betulan. Di wahana The Gold Hunter ini anak-anak diperkenalkan dengan suasana pertambangan dan juga mengenal bagaimana sih caranya menambang emas.

20160822-8_wm

Berapa harga tiket untuk menikmati permainan The Gold Hunter? Hampir sama seperti permainan lain, tiket untuk wahana The Gold Hunter adalah 25 ribu rupiah.

20160822-10_wm

Potongan tiketnya jangan dibuang ya. Kalau dikumpulkan, 5 potongan tiket ini bisa ditukar dengan susu.

O ya, sebelum masuk ke wahana The Gold Hunter ini, pastikan dulu kalau anak-anak membawa baju ganti ya. Soalnya begitu anak-anak masuk ke wahana The Gold Hunter, mereka akan sibuk mengayak bebatuan di kolam dan mencari emas yang tersembunyi tanpa perduli kalau baju mereka sudah basah.

20160822-4_wm

Teteh, sedih gak dapet emas hihi

20160822-1_wm

Ade, masih semangat cari emas

20160822-7_wm

Horeee… Ceuceu dapet emasnya

Tak perlu takut kelaparan selama berada di de’Ranch. Ada aneka makanan dan jajanan yang unik di sini, mulai dari nasi goreng, batagor, siomay Bandung, ikan bakar, ayam goreng/bakar, mie baso, tahu pletok, tempe mendoan, jagung & ketan bakar, bakery, dan lain-lain.

Tertarik berlibur ke de’Ranch di akhir pekan ini? de’Ranch terletak di Jl Maribaya No 17 Lembang, Kab. Bandung Barat. Letaknya tak jauh dari pusat kota Lembang. Setelah melewati alun-alun dan POM bensin Lembang, silahkan memutar di bundaran Lembang dan masuk ke arah Maribaya. Kurang lebih 700 meter dari bundaran, ada de’Ranch yang letaknya di sebelah kiri jalan. Selamat berlibur yaaaa…

Lokasi de’Ranch

Jln. Maribaya no. 17,
Lembang – Bandung
tlp. (022)278-5865, fax (022)278-5842

Jadwal normal:
Buka setiap hari,
kecuali hari Senin
Hari biasa: 09.00 – 17.00
Weekend/hari libur: 08.00 – 18.00

3 thoughts on “Berburu Emas di The Gold Hunter de’Ranch Lembang

Leave a Reply