Jauhi penyakit dengan hidup sehat & alami

Sudah lama sebenarnya saya ingin melakukan pola hidup sehat. Tapi saya selalu abai dan menganggap tidak akan terjadi apa-apa meski pola hidup saya serampangan seperti selama ini. Begadang sampai dini hari, makan tidak teratur, minum kopi bergelas-gelas… duh, pokoknya serampangan banget deh.

Suami sih sudah seringkali mengingatkan kalau saya tidak boleh terlalu banyak begadang. Karena menurut beberapa referensi yang suami baca, begadang itu bisa membuat gemuk. Tapi saya seringkali memberikan alasan kalau saya hanya begadang, tanpa cemilan apapun. Kenyataannya memang begadang tanpa cemilan, hanya ditemani kopi ditambah gula yang bisa habis 2-3 gelas.

Sampai belakangan banyak orang yang berkomentar gak enak… yaitu saya yang terlihat menggemuk. Aduh, kalau hanya gemuk sih sebenarnya tidak apa-apa. Yang penting kan sehat ya…

Masalahnya gemuk saya ini yang tidak sehat.

heart-care-1040227_960_720 copy

Buktinya meski berat badan terus bertambah, sudah berkali-kali saya ditolak donor. Alasannya ada yang karena hb rendah, ada juga karena hipertensi. Malah dokter yang memeriksa saya sempat bertanya keheranan. Seumuran saya, tanpa kb hormonal, tapi tensi darah sampai 140/100? Koq bisa ya?, tanya dokter ketika itu.

Ya, kalau melihat pola hidup saya selama ini sih, wajar juga kalau saya sampai terkena hipertensi.

Kalau Abah dan Nene mulai didiagnosis menderita hipertensi di pertengahan umur 40-an, belum mencapai umur 40 saya sudah sering hipertensi.

Penyakit memang tidak mengenal usia, tua atau muda sama-sama memiliki potensi yang sama. Terlebih, beberapa penyakit memang bisa diturunkan, misalnya saja diabetes dan hipertensi. Berdasarkan sebuah penelitian, 9 dari 10 orang yang menderita hipertensi adalah karena faktor keturunan.

Satu-satunya jawaban agar bisa terhindar dari berbagai penyakit, termasuk penyakit karena faktor keturunan, adalah dengan menjalani pola hidup sehat dan alami.

Lalu seperti apa tips hidup sehat alami itu? Yuk, kita kupas sampai tuntas…

  • Tidur Cukup dan Teratur

Pola tidur yang benar dan sehat sebenarnya dimulai dari jam 9 malam sampai jam 6 pagi, atau sekitar 8-9 jam. Bagaimana jika kurang dari itu? Selain jam biologis yang terganggu, tubuh juga akan rentan terkena penyakit. Bahkan beberapa ahli menyatakan bahwa kekurangan tidur berkaitan erat dengan beberapa penyakit kronis seperti darah tinggi, obesitas, hipertensi, diabetes, dan kanker.

Tidak hanya rentan menyebabkan penyakit kanker pada seseorang, kurang tidur juga bisa membuat seseorang memiliki resiko terserang Alzheimer.

Selain memiliki resiko tinggi terserang kanker dan Alzheimer, kekurangan tidur juga berpotensi memperparah diabetes. Karena saat seseorang mengalami kurang tidur, kerja kelenjar adrenal untuk memproduksi DHEA atau dehidro-epiandrosteron yang merupakan senyawa untuk merangsang tidur nyenyak akan terganggu. Duh, serem juga ya ternyata…

  • Makan Sehat

Menjaga pola makan sehat dan nutrisi yang tepat bisa mempertahankan massa otot dan menurunkan kadar lemak tubuh. Cukup kombinasikan protein, karbohidrat dan serat dengan seimbang, juga perhatikan cara memasak. Hindari memakai minyak pada makanan terlalu berlebihan.

  • Kurangi gula

Gula, terutama yang terkandung dalam minuman, bisa mempercepat penuaan, obesitas, penimbunan lemak di lever. Kalaupun tidak bisa menghindari gula, lebih baik pakai pemanis alami seperti gula aren atau pakai saja tropicana untuk pola hidup yang sehat dan alami.

  • Olahraga Teratur

Terakhir adalah teratur dalam berolahraga. Karena olahraga sangat penting untuk menjaga agar badan tetap bugar dan juga menjaga keseimbangan tubuh kita.

  •  Jauhi rokok dan asap rokok

Ya, tidak hanya asupan makanan, tapi udara yang kita hirup, apa yang kita pakai, dan keadaan lingkungan tempat kita beraktivitas juga berperan penting untuk menjaga agar kita tetap sehat. Karena lingkungan yang kotor dan tercemar tentunya akan dengan mudah menyebarkan bibit-bibit penyakit kepada tubuh kita.

Coba saja bayangkan kita berada di tengah lingkungan yang tercemar, oleh asap rokok misalnya. Tiap hari menghirup udara yang kotor dan bisa jadi membawa bibit penyakit. Bukan tidak mungkin kita pun bisa terserang penyakit dengan mudah.

Nah, itulah beberapa tips pola hidup sehat dan alami. Mudah-mudahan sih saya bisa konsisten menjalani ini… biar hidup saya sehat ah. Gak mau juga kelak sakit-sakitan…

 

oRiN

oRiN, emak 3 anak, bloggergoler.

Leave a Reply

Your email address will not be published.