Membuka Akun Facebook Yang Terkunci

By | January 4, 2016

Membuka Akun Facebook Yang Terkunci – Kemarin saya memulai pagi dengan membuka facebook. Haha.. parah ya? Tapi ya memang begitulah setiap pagi. Kebetulan ada inboks dari seorang teman, terselip diantara banyak inboks yang belum terbaca.

Ceu… akun saya teu tiasa dibuka. Kunaon nya?  Ti kamari…”, pesan teman melalui akunnya yang lain sambil memberikan screenshoot tampilan facebooknya.

12459759_164496667244351_338477770_n

Beliau memang punya 2 akun, yang satu memakai nama asli, sementara satu lagi pakai nama tenarnya. Pantas saja kemarin saya gak bisa mention atau mengirim pesan ke beliau. Saya pikir beliau memang pundung dan sengaja tutup akun hihi… punten, suudzon 😀

Sesuai petunjuk screenshoot dari teman ini, saya buka facebook dari web browser. Kemudian saya meminta email dan password yang digunakan akun facebook yang terkunci. Selanjutnya ini cara yang saya coba untuk membuka kembali akun facebook yang terkunci…

  • Setelah login dari web browser, muncul tampilan seperti ini. Tinggal klik “Lanjutkan”
facebook yang dikunci sementara
  • Selanjutnya Facebook akan mengkonfirmasi identitas dengan menampilkan foto teman-teman kita. Klik “Mulai
  • Nah, di sini kita harus menebak, milik siapakah  3 buah foto yang ditampilkan Facebook di tiap pertanyaan. Total ada 5 pertanyaan.

    Muncul 3 foto teman pertama disertai pilihan namanya. Ah, kenal ini mah. Saya pernah ketemu pas kopdar kemarin. Pilih nama. Klik kirim. Aman
    Kemudian 3 foto teman kedua disertai pilihan namanya. Sedikit meraba2, mukanya familiar meski belum pernah ketemu langsung. Sering lihat di grup. Pilih nama. Klik Kirim. Aman.
    Muncul 3 foto teman ketiga, disertai pilihan namanya. Duh, yang ini sepertinya saya gak hafal. Tanya teman saya… yang ternyata juga sama gak tau haha. Parah. Ya sudah, lewat dulu. Kesempatan lewat pertanyaan tinggal satu.
    Muncul 3 foto teman keempat disertai pilihan namanya….

    1914629_781804538615696_3305668382555272470_n

    Aduh… Gusti. Kaget. Sejak kapan Suzzanna punya akun facebook??? Serem! Ya sudah lewat lagi saja. Kesempatan lewat pertanyaan pun habis.
    Untungnya teman kelima dan keenam saya tau siapa. Jadi, aman.

Sudah? Mestinya sih dari beberapa pengalaman orang lain, menebak foto dengan benar saja sudah bisa membuka akun facebook yang terkunci. Sayangnya ini tidak berlaku di akun teman saya. Padahal tadi sudah yakin betul kalau saya memilih 5 orang teman yang ada di foto dengan benar. Kecuali  foto Suzzanna tentu saja. Kalau pun sekarang masih belum bisa dibuka, sepertinya memang ada tebakan saya yang salah hahaha

Selanjutnya saya malah diminta memasukkan kartu identitas milik teman saya ini. Ya sudah, segera saya minta scan KTP milik teman dan mengunggahnya ke form yang disediakan facebook.

Selain KTP, kartu identitas yang digunakan bisa  menggunakan paspor, surat izin mengemudi (SIM), kartu ID militer, kartu ID yang diterbitkan Negara, ID imigrasi bertanda tangan.

Setelah diunggah, tinggal klik lanjutkan. Selanjutnya ada pernyataan dari Facebook kalau konfirmasi identitas akan dikirim ke email yang sudah didaftarkan dan nanti tinggal klik link konfirmasi dari Facebook. Masalahnya… akun email teman saya ini pun gak bisa dibuka. Aduh. Pusing jadinya.

Hampir putus asa, saya logout dulu dan mencoba opsi “Lupa Kata Sandi”. Untuk menggantinya Facebook mengirim 6 digit kode verifikasi yag masuk ke nomer teman saya.

Password sudah sukses diganti, tapi akun teman saya ini masih saja terkunci dan kembali saya harus memilih 5 nama teman yang 3 fotonya muncul di pertanyaan. Tebak apa yang terjadi? Yup! Kali ini Suzzanna muncul kembali huahahaha… menyebalkan!

Berkali-kali logout dan mencoba hal yang sama, akhirnya ada juga sesi di mana Suzzanna tidak muncul menghantui dan saya bisa menebak semua nama teman yang ada di foto dengan benar. Akhirnya akun teman saya ini bisa juga dibuka. Alhamdulillah…

Setelah bisa login, segera saya ganti email utamanya, tambah keamanan dengan 2 langkah verifikasi login plus memberi username di facebooknya. Karena sepertinya sih selain menyalahi aturan Facebook, akun Facebook bisa terkunci karena tidak menggunakan nama asli dan tidak memakai username.

Username itu apa? Username itu nama yang digunakan di Facebook kita, misalnya seperti ini :

https://www.facebook.com/rinrin.irma

Nah, username saya ya rinrin.irma itu. Tinggal buka Settings/Pengaturan, Klik General dan tambahkan username. Kalau bisa sih jangan pakai nama alay ya…

SS 2016-01-05 at 5.18.52 PM

O iya, akun yang terkunci juga bisa dibuka dengan menambahkan nama 3 orang teman yang dipercaya di pengaturan.

Dari pengalaman membuka akun facebook teman yang terkunci ini, saya jadi mendapat pelajaran… lebih baik pasang foto narsis sendiri saja dan jangan pernah pasang foto Suzzanna… :))

2 thoughts on “Membuka Akun Facebook Yang Terkunci

Leave a Reply