Polemik Manfaat Asuransi bagi Masyarakat

By | December 19, 2015

Polemik Manfaat Asuransi bagi Masyarakat – Apabila Anda, secara kebetulan bersamaan dengan waktu Anda membaca artikel ini, merupakan salah seorang pekerja yang terjun langsung ke masyarakat di bidang sosial dan keamanan kerja, Anda mungkin akan langsung menggelengkan kepala secara takjub ataupun refleks mengelus dada Anda sebagai pertanda prihatin karena terlalu banyak masyarakat Indonesia yang belum menyadari betapa pentingnya medaftarkan diri mereka ke asuransi dan manfaat asuransi bagi masyarakat, itu sendiri. Tentu saja, fenomena ini dapat Anda temukan dengan mudah di lingkungan tempat Anda bekerja karena memang masih banyak masyarakat yang belum menyadari sepenuhnya akan kebermanfaatan penggunaan asuransi bagi jaminan hidup mereka di masa depan.

Hal lain yang lebih memprihatinkan lagi adalah ketika beberapa petugas dari pihak asuransi berkesempatan untuk memberikan sosialisasi mengenai manfaat asuransi bagi masyarakat, hal pertama yang dikeluhkan justru mengenai tingginya biaya premi yang harus dikeluarkan setiap bulan. Meskipun keluhan ini akan terus berlanjut mengenai fasilitas yang diberikan dari rumah sakit yang sama sekali tidak sesuai dengan biaya yang harus dikeluarkan setiap bulan, ataupun mengenai tingkatan pembayaran premi bulanan yang semakin memberatkan pihak keluarga, juga termasuk pada surat klaim yang sulit dicairkan.

Memang tidak mudah memberikan pemahaman mengenai manfaat asuransi bagi masyarakat awam, tetapi setidaknya, dengan memberikan intervensi kepada masyarakat ini dengan melalui sosialisasi secara intensif, dapat meningkatkan kepekaan masyarakat terhadap kelangsungan hidup dan kesehatan mereka selanjutnya.

5 Jenis Manfaat Asuransi bagi Masyarakat

Asuransi di Indonesia bukan hal yang umum bagi masyarakat, terutama bagi masyarakat menengah kebawah. Namun di Negara-negara maju hampir seluruh masyarakat mengikuti program asuransi. Rendahnya pengetahuan mengenai manfaat asuransi mungkin yang menjadi salah satu faktor tidak berminatnya masyarakat.

Asuransi sangat bermanfaat bagi masyarakat, kenapa demikian?. Anda bisa menjawab pertanyaan tersebut setelah membaca beberapa manfaat asuransi bagi masyarakat berikut ini:

  1. Membantu mengelola keuangan

Dengan membayar premi pada saat menjalankan program asuransi sama hal nya dengan kita mengelola uang dengan baik. Waktu dan jumlah dari premi ini sudah ditentukan, hal ini yang membuat kita harus membayar. Bisa saja prinsip masyarakat mengenai penghasilan dikurangi dengan kebutuhan lalu sisanya ditabung, berubah menjadi penghasilan yang dikurangi menabung lalu sisanya untuk kebutuhan.

  1. Memberikan jaminan perlindungan dan resiko-resiko yang diderita nasabah
  2. Meningkatkan efisiensi, yang artinya kita tidak perlu memberikan keamanan khusus dengan menghabiskan tenaga, waktu, dan biaya
  3. Pemerataan biaya

Jika timbul kerugian yang sifatnya tidak pasti, kita tidak perlu menanggunya sendiri. Pihak asuransi akan mengganti atau membayar.

  1. Sebagai tabungan

Khusus untuk asuransi jiwa, jumlah yang dikembalikan akan lebih banyak dari jumlah yang dibayarkan pada pihak bank

Itu dia beberapa manfaat yang ditawarkan jika kita mengikuti program asuransi. Mengatur keuangan akan lebih baik, dan sifatnya baik untuk berjaga-jaga.

Leave a Reply