Asyiknya Lovetalgia dengan LangitMusik

By | August 15, 2015

Sebuah lagu yang tidak asing di telinga mengalun dari radio yang sedang saya dengarkan bersama suami di perjalanan pulang menuju rumah. Kaget karena lagu ini lagu sangat lawas. Kami pun lantas bernyanyi bersama…

“Malam makin meninggi, desir angin pun kian terasa…

Anak-anak yang berada di jok belakang pun penasaran… “Koq Mamah sama Papah tau sih lagu ini? Lagu baru ya?”

Yup, lagu Angin malam – Sahara ini memang sama-sama kami sukai. Dirilis di tahun 1993, jauh sebelum kami saling mengenal. Boleh dibilang selera kami soal musik sama. Bisa jadi karena itu pula kami berjodoh hehe

Dulu sebelum saling kenal, saya dan suami sama-sama mengoleksi kaset lagu yang kami sukai. Cara kami menghafal lagu pun sama. Melalui teks yang ada di  bungkus kaset. Sampai-sampai bungkusnya penuh dengan selotip 😀

Tinggal tekan tombol STOP dan REW (rewind) di tape untuk mengulang bagian yang belum dihafal. Atau kalau ada lagu baru yang belum kami punya kasetnya, kami dengar di radio. Caranya? Siapkan dulu secarik kertas dan pulpen. Lalu ketika lagunya diputar oleh penyiar, siap-siap menulis cepat… 😀

Ketika kami pacaran, saya diberi kado berupa walkman“biar makin pinter ngapalin lagu”, begitu kata mantan pacar saya itu.

Walkman kado dari suami… masih awet tapi susah cari kasetnya 😀 (dokpri)

Walkman ini untuk kaset dan juga radio. Sampai sekarang radionya masih bisa dipakai. Pemutar kasetnya juga. Hanya saja saya kesulitan menemukan kaset sekarang.

Setelah kaset mulai langka, kami berburu CD lagu ke sebuah toko musik di daerah Dago, Disc Tara. Tapi kalau sedang sama-sama ngirit, ya cukup mendengarkan lagu lewat headset yang disediakan di salah satu sudut toko. Bisa sampai berjam-jam kami di sana, tanpa membeli apa pun hihi

Kalau di jaman kaset suami memberi saya kado walkman, di jaman CD si pacar yang saat itu sudah jadi suami memberi saya kado berupa CD original kumpulan lagu cinta yang berbentuk hati. Aihhh… lucu deh. Sayang… CD itu patah berkeping-keping karena tersangkut di player. Tapi meski CDnya patah berkeping-keping, cinta kami tetap utuh sampai sekarang hahaha

Sekarang sih kami sudah jarang berburu CD/DVD lagu. Selain waktu untuk ke toko musik yang terbatas, urusan membeli CD/DVD lagu original juga bukan prioritas utama. Apalagi alasannya kalau bukan (lagi-lagi) demi pengiritan.

Kadang dalam satu album yang sudah kita beli seharga minimal 35 ribu rupiah (lagu lokal) tidak semuanya asyik untuk didengarkan. Dulu tombol FF di walkman sering saya tekan untuk melewati lagu yang kurang saya sukai. Apalagi kalau beli CD/DVD yang seharga 100 ribu… Aduh, kalau sudah begitu kan sayang… serasa buang-buang uang.

Terus bagaimana cara kami mendengarkan lagu? Masih lewat radio. Sayangnya tidak setiap saat lagu kesayangan bisa diputar di radio. Ya iyalah, kalau radionya punya nenek sendiri sih mungkin saja ya… Tapi kan nenek penyiar dan nenek pendengar beda-beda… :))

Terus? Download dari internet? Hmm… maunya sih begitu. Tapi saya kapok download dari internet. Karena download lagu dari internet ini bukan tanpa resiko. Laptop saya sampai terkena virus dan malware gara-gara sembarangan mendownload lagu. Apalagi Ceuceu dan Teteh mulai bisa menggunakan laptop sendiri. Termasuk cari lagu kesukaan mereka yang tidak jauh-jauh dari selera saya dan suami. Harap maklum, setiap hari mereka memang mendengar lagu yang sama.

Bisa bahaya kalau mereka klak klik sembarangan. Ditambah download lagu dari internet itu kebanyakan ilegal. Kalaupun bayar, mahal. Masa iya saya mau ngajarin Ceuceu dan Teteh jadi pencuri sejak dini? Duh

Untungnya suami mau mengerti kegalauan saya. Kalau dulu walkman dan CD berbentuk hati jadi tanda cinta, kali ini suami cukup mengirim BBM yang isinya begini…

“Buka langitmusik.com login pake nomer hp Papah yang Telkomsel, passwordnya ****”

LANGITMUSIK? Buat Apa ya?

Oh, OK. Jujur saja, saya baru tahu kalau ada web yang menyediakan musik legal di internet selengkap LangitMusik.  Bagaimana tidak, ketika saya menelusuri setiap menu di LangitMusik segala macam musik bisa saya temukan di sana. Bukan hanya lagu yang sedang ngetren saat ini saja. Lagu lawas pun ada. Coba siapa yang kejamanan lagunya Ebiet G Ade? Hmmm… masih kurang lawas? Kalau Pance F Pondaag bagaimana?

Pokoknya lagu dari jaman ibu bapak saya pacaran sampai saya punya anak ABG yang teman-temannya mulai pacaran, semua ada di LangitMusik. Eh, tapi anak saya mah jangan sampai ikut-ikutan pacaran… 😀

LangitMusik merupakan layanan terbaru dari Telkomsel yang bekerjasama dengan PT.MelOn Indonesia yang menawarkan cara baru download dan streaming lagu  secara legal dan tanpa batas melalui website, WAP, Mobile application (Android dan Blackberry) serta aplikasi Desktop. Dengan LangitMusik pelanggan bisa bebas mendownload dan streaming seluruh lagu di katalog LangitMusik dengan koleksi lebih dari 1.000.000 2.000.000 lagu lokal dan internasional. Apa? 2 juta lagu? Kalau harus beli, berapa banyak uang yang harus dikeluarkan untuk 2 juta lagu itu? Aduh… mana bisa ngirit kalau begini :'(

Sssttt… LangitMusik itu ramah dompet!

Kalau harus mengeluarkan uang banyak, tentunya suami juga pikir-pikir dulu sebelum memberikan akunnya buat saya. Bisa-bisa nanti saya download dan streaming semua lagu yang saya suka dan itu jumlahnya bisa ratusan.

Anggap saja download 1 album yang berisi 10 lagu. Kalau beli CDnya yang paling murah 35 ribu. Ini download 2 juta lagu? #carikalkulator #kemudianpingsan

Tapi ternyata LangitMusik ini memang ramah keuangan. Bayangkan saja, hanya dengan mengaktifkan layanan premium seharga Rp3.300/7 hari atau Rp11.000/30 hari, kita bisa bebas mendownload dan streaming semua lagu yang ada di LangitMusik. Catat ya… B.E.B.A.S. Asyik kan? Kalau masih ragu, boleh koq coba dulu yang gratisannya.

Terus, gimana caranya?

Menikmati layanan LangitMusik ini gampang koq. Hanya perlu nomer Telkomsel. Kemudian instal aplikasi LangitMusik di App Store, Google Play, BB World, atau di Windows Store.

Screenshot_2015-08-15-20-45-25

Tampilan pencarian LangitMusik dari Play Store (dokpri)

Setelah terinstal, tinggal SIGN UP dan masukkan nomer Telkomsel kita. Pilih layanan yang kita suka dan nanti akan muncul SMS konfirmasi pembelian layanan.

LM3

Atau bisa buka www.langitmusik.com dari laptop, klik SIGN UP/LOGIN dan daftarkan nomer Telkomsel kita.

Nah, pilih layanan yang kita suka. Free Trial Rp.0 untuk gratis streaming dan download lagu 7 hari, Premium Rp.3.300 untuk streaming & download lagu sepuasnya selama 7 hari, atau Premium Rp.11.000 untuk streaming & download lagu sepuasnya selama 30 hari.

SS 2015-08-15 at 8.48.59 PM

Nanti akan muncul halaman konfirmasi pembelian layanan dan kita harus memasukkan nomer Telkomsel dan Token. Tokennya bisa diakses melalui *323# dan akan dikirim melalui SMS.

SS 2015-08-15 at 8.59.25 PM

Sudah. Cukup itu saja dan kita bisa menikmati layanan LangitMusik. Gampang kan?

Ada Apa Saja Ya di LANGITMUSIK?

Melihat tampilan LangitMusik dari gadget maupun dari laptop, sama sekali tidak membingungkan. Menu-menunya didesain untuk memudahkan pelanggan sesuai dengan nama menunya.

SS 2015-08-15 at 9.51.33 PM

– SEARCH

Menu ini tentu saja untuk menemukan lagu yang kita cari. Tahu judul lagu atau albumnya, nama penyanyi/bandnya, tinggal ketikkan saja di sini.

Tadinya saya pesimis bisa menemukan lagu yang saya dan suami sukai di sini. Padahal saya sangat ingin memiliki seluruh lagu yang ada di Album Best of Sahara. Secara dulu saya memang punya kaset album Best of Sahara ini yang sayangnya sekarang entah kemana. Kalaupun ada bisa jadi sudah tidak bisa diputar lagi 😀

Jadi saya iseng memasukkan nama Sahara di tab Search. Hasilnya? Wow… hasilnya benar-benar di luar dugaan.

SS 2015-08-15 at 9.41.53 PM SS 2015-08-15 at 9.42.16 PM

Tak terkira betapa girangnya saya saat menemukan ini 😀

– DISCOVER

Meski saya suka lagu lawas, tapi saya juga tidak mau ketinggalan lagu terbaru. Sebagai referensi biasanya saya dengar dari radio. Tapi kan tidak mungkin juga saya mendengarkan radio seharian penuh hanya untuk update lagu terbaru. Dengan LangitMusik, saya bisa menemukan lagu terbaru apa saja yang sedang jadi favorit di dunia musik Indonesia hanya dengan sekali klik.

Ada LM Music untuk informasi Lagu Baru, Lagu Favorite dan Lagu yang direkomendasikan LangitMusik.

SS 2015-08-15 at 10.03.18 PM

Tinggal klik tombol play, maka saya pun jatuh cinta dengan lagu-lagu teranyar pilihan LangitMusik.

Ada juga LM Chart untuk informasi lagu yang menempati chart tangga lagu barat maupun Indonesia.

SS 2015-08-15 at 10.22.49 PM

Di LM Playlist kita bisa melihat lagu yang dimasukkan ke PlayList berdasarkan tema oleh LangitMusik.

SS 2015-08-15 at 10.23.03 PM

– ME

Sesuai namanya, menu ini memuat data kita, yang berisi My Profile, My Playlist dan My Music.

SS 2015-08-15 at 10.08.16 PM

My Playlist berisi lagu-lagu yang sudah kita masukkan ke dalam daftar PlayList. Membuat PlayList sendiri juga gampang. Tinggal klik Make New PlayList dan masukkan lagu-lagu yang kita pilih ke sana.

SS 2015-08-15 at 10.32.04 PM

Sementara My Music berisi lagu yang sudah kita putar di LangitMusik.

– PROMO

Di sini kita bisa melihat berbagai promo yang ditawarkan LangitMusik. Ada juga info lomba/kuis yang diadakan oleh LangitMusik. Hadiahnya bisa bikin terpana deh… Misalnya hanya dengan berlangganan NSP kita bisa berkesempatan umroh atau punya motor.

Asyiknya nih, selain didengarkan melalui streaming, kita juga bisa mendownload semua lagu-lagu ini untuk dimasukkan ke dalam laptop/gadget.

Streaming? Apa gak ngabisin paket data tuh? Tenang, biaya yang dikeluarkan untuk layanan LangitMusik Premium (Rp.3.300/7 hari dan Rp.11.000/30 hari) ini sudah termasuk biaya data, gunakan paket Telkomsel Flash. Asyik banget ya?

Ada juga Pay per Download untuk mendownload lagu di LangitMusik dengan kualitas kompresi Dolby Digital, berformat MP3 dengan bitrate 128 bit dan tentunya bebas virus. hanya dengan harga Rp.5.000/lagu (belum termasuk PPN 10%). Caranya? Klik saja tombol download di lagu yang kita suka, dan lakukan konfirmasi pembelian layanan sesuai petunjuk.

Kalau mau sekalian langganan NSP tinggal klik pilihan menjadikan lagu yang diinginkan sebagai NSP. Mantap kan?

Jangan tanya kualitas suaranya. Lagu-lagu di LangitMusik berkualitas dolby. Tak ada cerita suara musik yang berisik atau malah cempreng 😀

Jelas kalau LangitMusik ini jadi kado terbaik dari suami. Iya, LangitMusik jadi tanda cinta dari suami yang ingin memberikan lagu-lagu legal dan asli buat istrinya… sebagaimana cintanya yang juga halal, legal dan jelas asli haha

Adalagi nih yang membuat LangitMusik jadi pilihan terbaik buat saya. Yaitu saya tidak perlu repot-repot cari liriknya! Tak ada lagi kertas yang penuh selotip, berulang-ulang tekan STOP-REW, atau harus menulis cepat agar saya bisa menghafal lirik lagu yang sedang saya dengarkan. Cukup ikuti saja lirik yang ada di layar saat kita memutar sebuah lagu.

Seperti yang dilakukan Teteh saat mendengarkan lagu favoritnya, Lost Stars – Adam Levine…

Lain lagi dengan suami, si mantan pacar yang memilih bernostalgia lewat LangitMusik Karaoke.

Nah, ini lho pak @Giest yang saya pakai akun LangitMusiknya di laptop. Soalnya hape saya memilih untuk pensiun dini alias rusak 😀

Sementara pak @Giest pakai akun LangitMusik di hapenya sendiri, buat karaokean 😀

Mau karaokean juga? Cukup download dan instal aplikasi LangitMusik Karaoke di App Store, Google Play, BB World, atau di Windows Store. Login dengan menggunakan nomer yang sama dengan yang digunakan registrasi di aplikasi LangitMusik, dan temukan beragam lagu-lagu pilihan untuk karaoke. Selamat ber-Lovetalgia 😀

Kompetisi Langit Musik

13 thoughts on “Asyiknya Lovetalgia dengan LangitMusik

    1. oRiN Post author

      hihi.. jaman dulu belum musim hp yang bisa muter mp3 ya… jadi perlu bawa walkman kemana-mana kalau pengen denger lagu 😀

  1. eka fikry

    Asik…mau download lagu atau dengerin musik..ya di langit musik aja ya…btw…aku jg suka lagu angin malam…Walaupun jarang terkena angin malam …hahaha…

  2. Mang Yono

    Waktu jaman aku kuliah aku punya walkman juga mak… Ups, aku kuliah ndak ya… ah ndak… berarti aku gak pernah punya walkman…. ya udah aku langsung download aja di LangitMusik … 🙂

Leave a Reply