Skip to content

Ngangkot di Bandung? Jangan Bingung!

Kalau tidak ada halangan, insha Allah hari Selasa nanti saya akan menghadiri sebuah acara di daerah Cihampelas, Bandung. Sebagai mantan orang Bandung, tentu saja saya masih hafal rute angkot yang melalui Cihampelas dari Antapani, rumah orang tua sekarang tinggal. Maklum. Cihampelas dan sekitarnya pernah jadi daerah jajahan.

Tinggal pakai angkot Antapani – Ciroyom (warna krem strip hijau), berhenti di Pabrik Kina (perempatan Pajajaran – Cihampelas), jalan sedikit ke arah Cihampelas, sampai deh di lokasi.

Angkot Antapani – Ciroyom (Sumber : reyza120045.wordpress.com)

Atau bagaimana ke Cihampelas dari Ledeng? Gampil, pakai angkot Ledeng – Abdul Muis/Kalapa (warna hijau strip biru muda, jangan yang strip hitam atau merah ya… nanti nyasar)

Angkot Ledeng – Kalapa (Sumber : ekkiijumaati.wordpress.com)

Atau dari Stasiun ke Cihampelas pakai angkot apa? Ini juga gampil. Jalan kaki aja, gak usah pakai angkot hehehe… Deket koq, paling jauh kira-kira setengah jam perjalanan jalan kaki plus foto-foto di jalan.

Tapi pas di surel mengenai acara nanti ada yang bertanya, ke Cihampelas dari Leuwi Panjang naik angkot apa ya??? Wah, saya harus berpikir keras. Selain Leuwi Panjang bukan daerah jajahan, sewaktu sering menjelajah Bandung dulu, saya pun masih sering nyasar-nyasar. Beruntung masih bisa pulang ke rumah dengan selamat meski seringkali ketar ketir takut kehabisan ongkos. Pakai taksi? Aduh, itu mah ongkosnya juga bisa 10x lipat ongkos angkot.

Sekarang sih tidak usah pakai bingung dan nyasar lagi. Soalnya ada aplikasi Rute Angkot Bandung.

Bagaimana menggunakan Aplikasi Rute Angkot Bandung?

1. Pengguna Android bisa mengunduh aplikasi Rute Angkot Bandung di Play Store (saya tidak tahu di Blackberry atau iOS sudah ada aplikasi ini atau belum).

Screenshot_2015-02-26-18-12-46

Screenshot_2015-02-26-18-12-56

Screenshot_2015-02-26-18-13-39

2. Sudah selesai diunduh? Buka donk aplikasi Rute Angkot Bandungnya… :)

Screenshot_2015-02-26-18-13-48

Lalu? Masukkan nama tempat atau jalan yang kita tuju. Misalnya Aston Tropicana Hotel.

Screenshot_2015-02-26-18-15-39

Nanti keluar peta yang menunjukkan dimana Aston Tropicana Hotel ini berada.

Screenshot_2015-02-26-18-15-50Klik tanda panah di bawah kanan itu untuk mencari rute, lalu ketik tempat berangkat, misalnya dari Leuwi Panjang.

Screenshot_2015-02-26-18-16-52Setelah keluar peta seperti di bawah ini, klik “Pick Location”

Screenshot_2015-02-26-18-17-01Nah, muncullah rute angkot dari Terminal Leuwi Panjang ke Aston Tropicana Hotel.

Screenshot_2015-02-26-18-17-29

Jadi, dari Terminal Leuwi Panjang ke Aston Tropicana Hotel di Cihampelas itu kita harus :

  • Jalan dari lokasi mulai Anda ke Jalan Leuwi Panjang sejauh kurang lebih 42 meter.
  • Naik angkot Kalapa – Cibaduyut di Jalan Leuwi Panjan dan turun di Jalan Peta kurang lebih setelah 2,6 meter.
  • Jalan dari Jalan Peta ke Jalan Pasir Koja sejauh kurang lebih 80 meter.
  • Naik angkot Dago – Caringin di Jalan Pasir Koja, dan turun di Jalan Ciroyom kurang lebih setelah 1,8 kilometer.
  • Jalan sedikit di Jalan Ciroyom
  • Naik angkot Cicaheum – Ciroyom di jalan Ciroyom, dan turun di Jalan Profesor Eyckman kurang lebih setelah 3,9 kilometer.
  • Jalan dari Profesor Eyckman ke tujuan akhir Anda sejauh kurang lebih 150 meter.

Masih bingung? Dari Leuwi Panjang naik bis damri rute Leuwi Panjang – Dago. Tanyakan saja ke kondektur, kalau mau ke Cihampelas turun di mana dan naik angkot apa… hehe…

Bisa juga buka web https://angkot.tibandung.com/, tinggal masukkan dari mana dan mau kemana, nanti muncul pilihan naik angkot apa saja.

SS 2015-02-27 at 10.52.47 AM

SS 2015-02-27 at 10.57.35 AM

Atau tanyakan saja di twitter ke @infobandung, insha Allah banyak yang membantu. Jangan takut ngangkot di Bandung, sekarang angkot Bandung sangat nyaman. Ada wifi, ada CCTV, ada colokannya juga. Jadi gak ada lagi alasan, “tadi lagi di angkot… habis batre” 😛

Angkot Bandung dengan Wifi (Sumber : merdeka.com)

O ya, jangan nanyain nomer angkot ke orang Bandung ya, tanyakan saja warna angkotnya apa.

Angkot Bandung warna warni (Sumber Gambar : Pikiran Rakyat)

Wilujeng ngangkot!

20 Comments

  1. duh gampang ya pake aplikasi itu…ajakin aku bandunggg makkk

    • hayu atuh… ajakin raffi yaaaa

  2. Itu angkot di Bandung ya Mak, kalau angkot di Subang apal teu… sayah mah lieur :)

    • apal mang, nu koneng ti cagak ka wanayasa… meureun eta ge dugi ka wanayasa, can nyobian :v

  3. kalo bingugn aku telp teh orin aja :) mau ke bandung hari selasa

    • asyiiikk… ketemu mak Lidya… boleh boleh… nanti kita ngangkot bareng2 😀

  4. eh loh… ada ya aplikasi android untuk angkot… sini malah nggak ada, udah jarang juga angkotnya, kebanyakan yang pakai sepeda motor sih :(

  5. canggih, ada aplikasi angkotnya. Tentu sangat membantu, secara Bandung juga daerah wisata. Jadi menolong banget bagi pendatang

  6. Kalo saya dari cihampelas mau ke Leuwi panjang naik angkot apa ya? Thx

  7. Kaeyla Kaeyla

    Ma’acih byk inpone Kang…

  8. ddony ddony

    mau tanya kalo dari stasiun bandung mau ke ciwalk atau kebon binatang bandung naek angkot apa ya ?mohon bantuan dan infonya

  9. Mantap.. Bandung semakin hebat aja.. niat coba aplikasinya namun sayangnya bukan orang bandung, kapan-kapan lah kalo mampir ke bandung ane coba

  10. hahaha…pernah naik angkot dari alun2..ilang..cuma muter2 balik terus ke alun2….

  11. Keren di Bandung ada aplikasinya, secara fasilitas umum berupa angkotnya masih bisa diusahakan untuk terus bertahan. Beda dengan di Pontianak, angkotnya udah pada mati dan tinggal menyisakan beberapa rute angkutan. Kapan2 ke Bandung pengen nyobain pake angkotnya ah. :-)

  12. Sebagai orang Bandung dan Angkoterss sejati…
    heu heu heu… tinggal kumaha carana menertibkan angkot ngetem dan yang suka gujleng-gajleng kana angkot. Terus keprok, terus mengasongkan topi dengan kostum yang lumayan matak pikareuwaseun.

  13. Keren tuh developernya gak nyasar lagi kalau mau ke Bandung

  14. Jadi pengen traveling ke bandung naik angkot hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published.