Month: February 2015

Eksplorasi Budaya Karuhun Melalui Limbah

Perlahan alunan suling terdengar merdu di telinga. Adalah Sandy, seorang siswa SMKN 8 Kliningan Bandung yang sedang mengalunkan lagu Manuk Dadali dari suling yang ditiupnya. Tapi siapa sangka kalau suling yang ditiup Sandy ini bukan suling biasa. Melainkan suling yang terbuat dari limbah. Ya, suling ini terbuat dari limbah otomotif. Barang yang dianggap sudah tidak Read More

Ngangkot di Bandung? Jangan Bingung!

Kalau tidak ada halangan, insha Allah hari Selasa nanti saya akan menghadiri sebuah acara di daerah Cihampelas, Bandung. Sebagai mantan orang Bandung, tentu saja saya masih hafal rute angkot yang melalui Cihampelas dari Antapani, rumah orang tua sekarang tinggal. Maklum. Cihampelas dan sekitarnya pernah jadi daerah jajahan.

Tinggal pakai angkot Antapani – Ciroyom (warna krem strip hijau), berhenti di Pabrik Kina (perempatan Pajajaran – Cihampelas), jalan sedikit ke arah Cihampelas, sampai deh di lokasi.

Angkot Antapani – Ciroyom (Sumber : reyza120045.wordpress.com)

Atau bagaimana ke Cihampelas dari Ledeng? Gampil, pakai angkot Ledeng – Abdul Muis/Kalapa (warna hijau strip biru muda, jangan yang strip hitam atau merah ya… nanti nyasar)

Angkot Ledeng – Kalapa (Sumber : ekkiijumaati.wordpress.com)

Atau dari Stasiun ke Cihampelas pakai angkot apa? Ini juga gampil. Jalan kaki aja, gak usah pakai angkot hehehe… Deket koq, paling jauh kira-kira setengah jam perjalanan jalan kaki plus foto-foto di jalan. Read More

Memenuhi asupan gizi dengan buah lokal

“Ceu, makan sama sayurnya ya!”, kembali saya mengingatkan Ceuceu agar mau menghabiskan sayuran yang ada di atas piringnya. Hari ini saya memang membuatkan sop ayam untuk anak-anak, tentu saja lengkap dengan wortel dan buncis di dalamnya. Bukannya mengiyakan perintah saya, Ceuceu hanya diam sambil mengernyitkan dahi. Tidak perlu waktu lama, nasi, potongan ayam dan wortel Read More

Ada apa di Basmal Steak House Lembang?

“Mah, makan di mana nih?”, tanya suami.

“Terserah”, jawab saya, jawaban standar seorang perempuan.

“Mau nyobain tempat makan baru deket Indomaret Lembang gak?”, suami menawarkan tempat makan yang sama sekali belum pernah kami kunjungi.

“Ada yang baru ya? Apaan?”, kembali saya bertanya meski sebenarnya kurang tertarik dengan tawaran suami.

“Basmal Steak gitu kalo gak salah. Gimana? Ayo, bentar lagi nih”, suami meminta saya segera memutuskan, plang Indomaret sudah terlihat jelas di depan mobil…

“Gak ah, perlunya makan nasi. Dari siang kan belum makan nasi”, akhirnya saya menolak tawaran suami makan di resto baru tadi. Namanya juga orang Sunda, kalau belum makan nasi ya belum makan 😛

Lagipula, saya belum mau makan bakso… padahal sedang tidak hamil. Saya memang berhenti makan bakso sejak hamil si bungsu, dan mabok baksonya masih berlanjut sampai sekarang si bungsu berumur 3 tahun.

“Tadi katanya terserah! Ya udah makan di rumah aja…”, tegur suami.

Dan akhirnya perut yang belum diisi sedari siang terpaksa harus menahan lapar selama 1 jam perjalanan ke depan. Gara-gara terserah… 😀 Read More

Akhirnya punya mesin cuci lagi… :)

Menjelang akhir tahun kemarin, seolah-olah semesta sedang menguji saya. Setelah kipas angin rusak, tiba-tiba saja mesin cuci juga ikutan rusak. Kipas angin dalam 3 tahun ini sudah ganti 3 kali. Maklum, dipakai siang malam tanpa henti. Untungnya sekarang musim hujan yang dinginnya lumayan membuat saya selalu ingin selimutan. Jadi saya belum terlalu memerlukan kipas angin baru.

Lain halnya dengan mesin cuci, yang juga saya pakai hampir tiap hari. Sebetulnya bukan tiba-tiba juga sih, soalnya mesin cuci yang berumur 6 tahun lebih ini sudah pernah diservice berkali-kali. Masalahnya banyak, mulai dari sensor air tidak berfungsi, motor yang mulai mengalami gangguan, tombol power yang tidak bisa ditekan. Sampai beberapa minggu terakhir tiap kali dipakai mencuci, mesin cuci ini berisiknya minta ampun… kalau nyuci tengah malam, sepertinya bisa terdengar satu kampung. Saya memang sering mencuci tengah malam, soalnya hanya di tengah malam air PAM mengalir sangat deras. Pagi-pagi? Jangan harap air bak bisa terisi pagi-pagi. Dan si mecin cuci pun tidak bisa diperbaiki sama sekali. Innalillahi wa inna ilaihi rojiun…

Almarhum mesin cuci... Terima kasih sudah menemani selama 6 tahun ya... :(

Almarhum mesin cuci… Terima kasih sudah menemani selama 6 tahun ya… :(

Read More

1 2