Teras BRI Kas Keliling, nasabah tak lagi murang maring

By | October 9, 2014

Beberapa bulan yang lalu (tepatnya kapan saya lupa lagi), saya menyampaikan keluhan atas layanan BRI khususnya di unit terdekat yang ada di sekitar rumah saya. Keluhan ini saya sampaikan melalui fans page BRI di facebook (Bank BRI Official)

Bukan hal yang aneh lagi kalau di BRI Unit Sagalaherang antrian nasabah selalu penuh, jumlah nomor antrian setiap harinya bisa mencapai ratusan. Harap maklum, ini satu-satunya bank di desa saya. Bank lain jaraknya bisa sampai 20 menit pakai angkot dengan tarif 4000 rupiah sekali jalan. Ini dari desa saya, desa terdekat dengan bank lain. Dari desa lain bisa sampai 10 ribu sekali jalan. Bukan ongkos yang murah untuk sekedar menabung.

Tak jarang nasabah sudah duduk di teras BRI sejak pagi sebelum kantor BRI buka. Antrian nasabah akan semakin membludak ketika hari pasar tiba. Di tempat saya tinggal, hari Senin dan Kamis merupakan hari pasar, pedagang dan pembeli yang berasal dari banyak kecamatan tumplek di sini. Beberapa mengambil nomor antrian terlebih dahulu, kemudian ditinggalkan untuk melakukan aktivitas lain, dan kembali sampai kira-kira nomor antriannya tiba.

Hari pasar ini biasanya dimanfaatkan untuk sekalian berkunjung ke BRI, demi menghemat ongkos. Tak heran jika antrian di hari pasar bisa sampai membludak. Ini diperparah dengan jumlah teller yang sedikit. Bukan sedikit lagi, malah cuma satu. Animo masyarakat untuk menggunakan jasa perbankan menjadi sedikit terganggu. Yang antri bukan hanya setor tunai, tapi ada juga pengambilan tunai, buka rekening baru, setor pinjaman, transfer, atau pencairan pinjaman.

Anehnya, transaksi di teller untuk setor tunai seringkali ditolak dengan alasan “Sistem sedang offline”. Sementara setoran pinjaman lancar-lancar saja dan bisa dititip ke teller untuk diproses setelah sistem kembali online. Seringkali saya yang akan melakukan transaksi setor tunai ditolak dan diminta kembali lagi ke BRI keesokan harinya.

Pernah ketika saya sudah masuk dan duduk di kursi yang disediakan di dalam kantor BRI, pas nomor antrian saya tiba malah pas jamnya istirahat. Teller tidak mau menerima slip & setoran saya, dengan alasan “mau istirahat, nanti saja setelah jam istirahat”.

Alamaakk… tinggal 1 nomor lagi!!! Siapa yang tidak kesal, sudah menunggu lamaaaaaaa sekali, eh masih harus nunggu 1 jam lagi.

Iya, saya mengerti kalau teller juga capek dan perlu istirahat. Tapi saya juga sudah menunggu lama di dalam kantor, dan antri dengan sabar. Kalau memang tidak bisa melayani nasabah, kenapa tadi tidak tutup saja pintunya, biar tidak ada yang masuk lagi. Yang lain sih ada yang menitipkan ke nasabah yang sudah hampir dipanggil nomor antriannya,Β  padahal mereka tidak saling kenal. Tapi ya sudahlah, mau tidak mau saya menunggu lagi selama 1 jam.

Kekesalan inilah yang saya sampaikan ke fans page BRI. Saat itu juga langsung mendapatkan tanggapan dari admin, katanya keluhan saya menjadi masukan yang berarti bagi BRI.

Beberapa bulan kemudian, ketika hari pasar tiba, saya melihat mobil berjudul Teras BRI Kas Keliling. Ish… berasa orang penting aja keluhannya ditindaklanjuti.

Sagalaherang-20140825-01247

Penasaran, saya tanya donkΒ Teras BRI Kas Keliling bisa apa saja sih?

Kata petugas,Β Teras BRI Kas Keliling menyediakan pelayanan yang sama seperti halnya di kantor BRI pada umumnya, misal buka tabungan baru & ATM, setor tarik tabungan, setor pinjaman, transfer antar BRI/Bank lain bisa, ada mesin EDC/Mini ATM, beli pulsa telepon/token listrik, bayar telepon/listrik/angsuran juga bisa disini.

Sepanjang pengamatan saya, Teras BRI Kas Keliling ini mangkal di depan pasar setiap hari pasar. Ya, lumayan lah mengurangi jumlah nasabah yang mengantri di kantor unit. Jelas ini sebuah wujud peningkatan pelayanan dari BRI untuk nasabahnya.

Saya belum mencoba satu pun layanan Teras Keliling BRI. Kebetulan kas maupun rekening sama-sama sedang kosong hahahaha

Aih, coba kalau dari dulu ada yang seperti ini. Jadi tak perlu antri lama lagi di kantor BRI, satpam dan teller juga bisa terbebas dari semprotan saya hehehe

Di tempat kamu Teras BRI Kas Keliling ini sudah ada belum?

Yuk ah, nabung lagi di BRI!

Disclaimer: bukan advertorial, cuma pengalaman pribadi… πŸ˜€

22 thoughts on “Teras BRI Kas Keliling, nasabah tak lagi murang maring

  1. Eka Fikry

    Aku juga pengen lo nabung melalui mobil Bank yang nyamperin ke kampung-kampung atau ke RT RT , rasanya gimana gituuh…seolah-olah kita ini kedatangan tamu… hehehe

    1. oRiN Post author

      ahahaha… kalo mangkal di sini repot mak… keenakan ngambil tabungan tanpa diisi πŸ˜›

      makasih kunjungannya mak πŸ™‚

    1. oRiN Post author

      waduh… meni raos, aya 2. Di sini cuma ada di Sagalaherang, atau di Jalancagak… kan lumayan tebih hiks

      haturnuhun, Mang Yono πŸ™‚

  2. septia

    Kebetulan saya kerja di mobil teras keliling… layanan kami selalu ada setip hari kerja bagus sekali ceritanya

  3. barry s

    Saya prnah di ketemu oleh pihak bri keliling,trus di tawarin untuk bikin rekening,krna saya blom punya rekening bri ya kebetulan bgt dri pd susah susah ke bank blom ngantrinya saya setuju aj, setoran awal udh saya bayar 250 rb dan petugasny janji buku tabungan plus atm nya akan di anterin lgi ke tmpt saya satu ato dua hri lgi, tpi sampai satu bulan ini atm sama buku tabungannya blom dianterin jg, mohon informasinya karna saya gk punya nomor pihak bank trsbt, mksih,

    1. oRiN Post author

      wah… bapak yakin yang ketemu bapak waktu itu benar-benar petugas BRI? pakai seragam, name tag dan atribut lain? soalnya petugas BRI di Teras BRI Kas Keliling di deket rumah saya suka pake seragam dan name tag pak. Kalau bapak masih simpan bukti setoran pertama, mungkin bapak bisa datang ke kantor BRI terdekat di tempat tinggal bapak.

      semoga membantu dan cepat selesai masalahnya ya, pak πŸ™‚

      terima kasih kunjungannya πŸ™‚

  4. Alvin Scott

    Aplikasi pinjaman untuk suku bunga rendah 3% (pemohon yang serius saja) jika berminat hubungi kami sekarang di: alvinscott12@outlook.com dengan informasi berikut di bawah ini.

    Nama Lengkap:
    negara:
    Jumlah Pinjaman:
    Lama Waktu:
    telepon:

    Mr Alvin

  5. tina kaliwedi

    mba2 numpang tanya ni?? klw diteras BRI itu klw buka rekening pake e-ktp atw ktp biasa?? didesa saya lom ada mb teras BRI keliling gtu … huhu

    1. oRiN Post author

      halo Mbak Tina, makasih kunjungannya ya… kalau di tempat saya, buka rekening BRI sekarang harus pakai e-KTP. Tapi kalau memang belum punya e-KTP dan e-KTPnya sedang dalam proses, bisa minta dibuatkan surat keterangan dari kelurahan kalau e-KTP sedang dalam proses πŸ™‚

  6. tedy

    Kalau saya ada kejadian lebih lucu lagi di teras BRI SAMARANG kab GARUT JABAR,saya datang ke kantor teras BRI Samarang Pukul 13.30 WIB pada hari selasa 5 jan 2016 saya hendak transfer ke teman dimana nominalnya 15 jt tunai dan 15 jutanya lagi dari buku tabungan.saya ditolak dengan alasan harus dari Kantor UNIT dan tidak bisa di teras.saya jadi bertanya ngapain adanya kantor teras soalnya pelayanan yang hanya transfer saja tidak bisa? Saya bisa mengerti kalau saya ke teras bermaksud mengambil tabungan ditolak mungkin saja nominal uang kas di teras tidak cukup,tp ini kan saya mau transfer dan itu hanya merubah saldo tabungan saja.jadi kalo kebijakannya begitu ngapain BRI membuka teras yang notabene pelayanannya teras tidak optimal.malah BRI menambah beban oprasional namun pelayanan tak optimal dengan adanya teras BRI ini,mudah mudahan kebijakannya berubah.jadi kalau bisa dibikin gampang kenapa dibikin susah

  7. unik al karim husein

    Sekarang jadwal yg di cimahi posisi mobil teras bri lg dimana ya? Mohon infonya. Makasih

    1. oRiN Post author

      di Teras BRI bisa buka rekening, cuma saya belum tahu bisa sekalian bikin ATM / gak. Untuk pembukaan rekening biasanya gak perlu KK. Tapi perlu e-KTP. Kalau belum e-KTP gak bisa buka rekening

Leave a Reply