Honda CB150R StreetFire, Si Geber yang Bikin Lawan Keder

By | December 2, 2013

Lagi-lagi Honda meluncurkan motor yang berkualitas dan teruji ketangguhannya, Honda CB150R Streetfire. Motor yang terinspirasi dari Honda CB1000R ini selain gagah, canggih, irit, advance juga memiliki segudang kelebihan lainnya yang bisa membuat motor lain di kelasnya jadi keder. Mau tahu kelebihan apa saja yang dimiliki Honda CB150R Streetfire? Yuk, kita cari tahu!

Honda CB150R StreetFire

Honda CB150R Streetfire

Desain

Kesan pertama yang memikat tentu saja tampilan Honda CB150R Streetfire yang gagah. Tampil dengan gaya naked bike, rangka trellis pada Honda CB150R Streetfire dan membuatnya eye catching.

Tuss Frame CB150R StreetFire

Tuss Frame

Rangka trellis ini bukan hanya membuat tampilan Honda CB150R Streetfire semakin berkarakter, tetapi juga  dirancang khusus untuk menunjang mesin dan memaksimalkan kinerja sistem suspensi Prolink dan mengurangi getaran mesin secara maksimal.

Honda CB150R Streetfire memiliki lampu dengan multireflector yang menjamin pencahayaan terang di setiap kondisi berkendara. Sementara lampu belakang menggunakan aksen heksagonal, yang membuat Honda CB150R Streetfire semakin terlihat sporty dan modis. Spion Honda CB150R Streetfire tergolong baik, tetap jelas dan tidak bergetar meski dipacu di kecepatan tinggi.

Lampu Multireflector Honda CB150R StreetFire

Lampu Multireflector Honda CB150R StreetFire, sumber dari sini

Meski desain tutup tangki Honda CB150R Streetfire nampak kurang sporty, namun secara fungsi tutup tangki tidak ada masalah dan tetap mudah dibuka-tutup. Rumah kunci juga sudah dilengkapi dengan penutup bermagnet.

Mesin

DOHC CB150R Streetfire

DOHC

Honda CB150R Streetfire dibekali mesin 150 cc dengan teknologi terkini, yaitu DOHC (Double Over Head Camshaft), 4 langkah, 4 katup dan 6 kecepatan yang diadopsi dari CBR150R. Tak heran jika Honda CB150R Streetfire memiliki performa mesin  luar biasa dan akselerasi terbaik di kelasnya.

Radiator

Cooler CB150R

Cooler CB150R

Honda CB150R Streetfire hemat bahan bakar dan ramah lingkungan karena menggunakan mesin berpendingin cairan (Liquid Cooled) yang telah menerapkan sistem suplai bahan bakar PGM-FI (Programmed Fuel Injection). Fungsi pendingin mesin bekerja optimal saat Honda CB150R Streetfire dipacu dalam kecepatan tinggi atau saat dipakai touring. Honda mengklaim konsumsi bahan bakar Honda CB150R Streetfire hanya 1:36 kilometer.

Rem

Sistem pengereman Honda CB150R Streetfire lebih maksimal karena menggunakan rem cakram ganda pada roda depan dan belakang.

Suspensi

Sistem Suspensi CB150R

Sistem Suspensi CB150R

Kecanggihan Honda CB150R Streetfire lebih lengkap dengan penggunaan sistem suspensi mono-shock berkonsep Prolink. Sistem suspensi Prolink sangat membantu kenyamanan, kestabilan dan mampu meredam guncangan pada tempat duduk sehingga terasa lebih lembut. Sistem ini juga bekerja mempertahankan traksi roda belakang tetap maksimal di berbagai kondisi jalan. Untuk suspensi depan, CB150R menyematkan suspensi teleskopik yang menjadi satu kesatuan dengan sistem kemudi.

Handling

Berdasarkan test ride yang dilakukan okezone, handling Honda CB150R Streetfire tergolong bagus. Meski posisi setang tidak setegak NewMegaPro, namun posisi badan tidak terlalu membungkuk dan tumpuan badan tidak membebani pergelangan tangan, sehingga terasa nyaman.  Bobotnya yang moderat (sekitar 129 kg) juga masih cukup ideal untuk digunakan berkendara sehari-hari. Sayangnya desain bagian belakang tangki yang terlalu lebar menjadikan Honda CB150R Streetfire kurang nyaman digunakan saat menempuh perjalanan panjang dan dalam waktu yang lama, karena paha bagian dalam terasa terganjal.

Akselerasi & Performa

Perbandingan gir (gear ratio) 15/45  menjadikan Honda CB150R Streetfire tetap responsif di putaran bawah. Dari segi performa, Honda sendiri mengklaim memiliki daya maksimum 12.5 kW (17.00 PS)10.000 rpm, dengan torsi yang cukup besar, mencapai 13,1 Nm di 8.000 rpm. Karakter Honda CB150R Streetfire lebih terlihat  di putaran atas, daya maksimum yang dihasilkan menyentuh angka 17 PS pada 10.000 rpm

Jujur saja, sebagai Pecinta Honda, saya naksir berat sama Honda CB150R Streetfire ini. Membayangkan saya menunggangi motor secanggih ini pasti membuat tetangga iri #emak2beud 😀

Disclaimer : Tulisan ini diikutsertakan di Lomba Blog yang diadakan BlogDetik bekerjasama dengan PT Astra Honda Motor. Mau ikutan? Baca Syarat dan Ketentuan di sini.

Referensi :

1.

2. http://www.otosia.com

3. http://www.gilamotor.com

4. http://www.okezone.com

18 thoughts on “Honda CB150R StreetFire, Si Geber yang Bikin Lawan Keder

  1. Asep Safaat

    keren nih artikelnya kumplit lagi wah emang blogger handal agan yang satu ini minta komentar nya yah dengan postingan sederhana si blog sederhana saya, saya blogger amatir jadi perlu bantuan dari agan yang udah professional nih 🙂 minta komentar sama viewsnya yah di :

  2. martinus frengky

    Mnt info donk kwan, rmah radiator sya pcah, cri sna sni gda.! Yg taw link g hruz indent dmna yaa..trims

  3. Rudy

    Lega sore. Asan terasa datum berjalan semakin cepat, siap-siap untuk antara.
    karena uang duduk seharian beroperasi. Salam nyaman gan karena sukses acap….

Leave a Reply